Text
Peran Masyarakat Desa dalam Pendidikan Islam di MI Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang
ABSTRAK
Supriyatin, Peran Masyarakat Desa dalam Pendidikan Islam di MI Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing; Drs. H. Moh. Zaini.
Kata kunci: peran masyarakat desa, pendidikan islam.
Peranserta masyarakat dalam pendidikan bertujuan untuk mendayagunakan kemampuan yang ada pada masyarakat bagi penyelenggara pendidikan dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, peranserta masyarakat juga berfungsi ikut memelihara, menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan pendidikan nasional. Dan Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang, ada istilah musyawarah yayasan, musyawarah wali murid dan musyawarah internal lembaga. Jadi, peranserta masyarakat dalam pendidikan Islam adalah peranserta masyarakat untuk menjadikan pendidikan Islam lebih baik, bermutu, dan lebih maju sejalan dengan kemajuan zaman, baik materi maupun non materi.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana bentuk peran masyarakat dalam Pendidikan Islam di MI Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang?. Kedua, bagaimana upaya pihak lembaga dalam meningkatkan peran masyarakat dalam Pendidikan Islam di MI Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang?. Ketiga, bagaimana hasil pendidikan Islam dengan adanya peran masyarakat di MI Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi sumber data utama dalam penelitian ini adalah Ketua yayasan, kepala Madrasah dan guru, dan Masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, Bentuk-bentuk peran masyarakat dalam pendidikan islam di MI Nurus Salafiyah Gruggak Sejati Camplong Sampang, seperti sumbangan dana imtihan, acara perayaan hari-hari besar islam, bantu tenaga misalkan menjaga keasrian lingkungan, persiapan imtihan dan acara yang lain-lain, dan seperti masukan pemikiran atau kritikan masyarakat dilibatkan dalam musyawarah. Dan upaya yang dilakukan pihak lembaga seperti ada kifayah, ada murid yang sakit setiap guru harus menjenguk dan berperan dan semua siswa juga, ya dengan cara sepeti ini antara masyarakat dan pihak lembaga hubungannya semakin erat, artinya ada kesadaran bahwa lembaga membutuhkan masyarakat dan sebaliknya masyarakat juga membutuhkan lembaga. Dan hasilnya seperti perbaikan jalan menuju lembaga, kebersihan lingkungan, memasukkan putra-putrinya, suksesnya acara imtihan dan hari-hari besar islam.
Tidak tersedia versi lain