Text
Kemampuan Guru PAI Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan
ABSTRAK
Abdul Ghoni, 2014, Kemampuan Guru PAI Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing; Dr. Abd. Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Guru PAI dan Evaluasi Hasil Belajar
Fenomena di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan, kemampuan guru PAI dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar, masih ada sebagian guru yang kurang maksimal dalam melaksanakan dan menerapkan teknik evaluasi, karena tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah diterapkan di lembaga tersebut terutama bagi guru agama kurang paham terhadap perencanaan pembelajaran yang meliputi evaluasi hasil belajar siswa, sehingga pelaksanaan evaluasi bahkan tidak sesuai dengan prosedur perencanaan pembelajaran yang berlaku di lembaga.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana cara guru PAI dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan; kedua, Teknik-teknik evaluasi hasil belajar apa saja yang digunakan guru PAI di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan; ketiga, Bagaimana hasil evaluasi belajar yang dilaksanakan oleh guru PAI di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan wawancara. Informasinya adalah Kepala Sekolah, para guru PAI dan siswa-siswi. Sedangkan pengecek keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian di lapangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa:pertama,cara guru PAI dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan sebelumnya memang sudah dilakukan perencanaan dan persiapan secara baik dan matangterliahat dari SILABUS dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kedua, teknik-teknik evaluasi yang digunakan oleh guru PAI dalam menilai hasil belajar di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan yaitu teknik tes dan teknik non tes.Ketiga, Hasil nilai dari evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru PAI di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan nilai yang dihasilkan oleh para siswa cukup baik. Hal ini terlihat bahwa nilai yang dihasilkan siswadi Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan diatas KKM yang sudah ditentukan oleh satuan kesatuan pendidikan.
Oleh karena itu disarankan kepada : (1) kepala sekolah diharapkan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran termasuk diantara pengadaan sarana dan prasarana yang belum lengkap dan meningkatkan kualitas tenaga pengajar dengan berbagai pendidikan dan pelatihan, sehingga diperoleh tenaga pendidik yang berkompeten sesuai dengan kelayakan akademiknya. (2) guru PAI diharapkan lebih peka terhadap persoalan dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan, sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efesien. (3) siswa diharapkan bisa bekerja sama dengan guru PAI dalam bentuk memberikan respon positif terhadap apa yang diupayakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Karena tanpa kerja sama siswa kegiatan belajar mengajar tidak akan berjalan efektif.
Tidak tersedia versi lain