Text
Pelaksanaan Evaluasi pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Metode Iqro’ Anak Usia Dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan
ABSTRAK
SittiAisyah H, 2014: Pelaksanaan Evaluasi pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Metode Iqro’ Anak Usia Dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Abd.Mukhid, M.Pd
Kata Kunci : Evaluasi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Metode Iqro’
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, yaitu pertama; Bagaimana persiapan pelaksanaan evaluasi pada kemampuan membaca Al-Qur’an metode iqro’ anak usia dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan?, Kedua; Bagaimanakah pelaksanaan evaluasi pada kemampuan membaca Al-Qur’an metode iqro’ anak usia dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan?, Ketiga; Bagaimanakah Hasil pelaksanaan evaluasi pada kemampuan membaca Al-Qur’an metode iqro’ anak usia dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan?.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan, melalui prosedur pengumpulan data, melalui wawancara guru dan kepala sekolah, observasi secara langsung pada kelas A2 yang sedang melakukan proses pembelajaran Al-Qur’an.Dokumentasinya seperti, RKH, buku prestasi, buku iqro’ dan raport.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, Persiapan pelaksanaan evaluasi pada kemampuan membaca Al-Qur’an metode iqro’ anak usia dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan, yaitu guru kelas dan pendamping menyiapkan teknik tes sistem privat atau individu , guru kelas bersama guru pendamping membuat RKH selama satu semester, dan guru menyiapkan atau membuat standart penilaian (keberanian, kelacaran, panjang pendeknya bacaan). dengan mempertimbangkan kemampuan awal anak didik dalam membaca Al-Qur’an metode iqro’ serta perkembangan anak didik dalam membaca Al-Qur’an metode iqro’ selama satu program atau semester, KeduaPelaksanaan evaluasi pada kemampuan membaca Al-Qur’an metode iqro’ anak usia dini di PAUD Al-azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan, yaitu dengan mengumpulkan semua penilaian setiap harinya,kemudian memasukkan nilai tersebut ke dalam raport perkembangan, setelah itu, antar guru bermusyawarahtingkat pencapaian anak dalam membaca Al-Qur’an metode iqro’ yang menonjol sesuai dengan raport perkembangan, ketiga, hasil pelaksanaan evaluasi pada kemampuan membaca Al-Qur’an metode iqro’ anak usia dini di PAUD Al-Azhar Desa Pagendingan Galis Pamekasan, yaitu baik dan sesuai harapan para guru dan orang tua anak didik. Hasil pelaksanan evaluasi dapat dilihat dari nilai pada buku prestasi dan raport perkembangan selama satu semester.
Tidak tersedia versi lain