Text
Strategi Pemasaran Giro Amanah pada PT. Bank Jatim Syari’ah Cabang Pembantu Sampang
A B S T R A K Ach. Faisal. 2015. Strategi Pemasaran Giro Amanah pada PT. Bank Jatim Syari’ah Cabang Pembantu Sampang. Skripsi, Jurusan Syariah dan Ekonomi, Prodi Perbankan Syariah, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr. H. Nashar, M.M., M.Si. Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Giro Amanah. Ada dua permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana strategi pemasaran giro amanah pada PT. Bank Jatim Syari‟ah Cabang Pembantu Sampang? (2) Apa saja faktor pendukung pemasaran giro amanah pada PT. Bank Jatim Syari‟ah Cabang Pembantu Sampang? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah: Direktur Bank Jatim Syari‟ah, Pegawai Bank Jatim Syari‟ah Bagian Pemasaran, dan Nasabah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah metode analisis deskriptif-kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa: (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Jatim Syariah Cabang Pembantu Sampang terdiri dari tiga komponen yang saling berkaitan, yakni: a) Perencanaan produk secara matang dengan mempertimbangkan kepuasan nasabah, kualitas produk, pelayanan, dan bagi hasil. b) Pendekatan langsung pada masyarakat melalui strategi personal selling. c) Mempromosikan produk giro amanah dengan cara: penyebaran brosur dan pamflet melalui media elektronik maupun media cetak, mengadakan kunjungan silaturrahmi dan sosialisasi ke instansi sasaran, mendatangi tempat-tempat umum, menyebarkan informasi bahwa Bank Jatim Syariah tidak menggunakan bunga melainkan bagi hasil, dan membuat proposal kerja sama dengan instansi terkait. (2) Faktor pendukung pemasaran giro amanah pada PT. Bank Jatim Syari‟ah Cabang Pembantu Sampang adalah: a) Adanya pelayanan prima terhadap nasabah. b) Lokasi bank sangat strategis dan mudah dijangkau, serta didukung dengan fasilitas yang lengkap dan interior yang sangat elegan dan islami. c) Memiliki tenaga operasional yang profesional karena SDM mereka senantiasa ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan. d) Memiliki daya saing dengan lembaga keuangan lainnya, di antaranya: bagi hasil yang tergolong tinggi dibandingkan dengan bank lainnya, proses pembiayaan yang diberikan sangat cepat, tidak ada persyaratan yang mempersulit nasabah, dan pelayanan yang diberikan oleh karyawan sangat memuaskan nasabah atau masyarakat.
Tidak tersedia versi lain