Text
Upaya kepala sekolah dalam mengatasi masalah mengajar guru PAI di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang
ABSTRAKSI
NAMA : Suryadi, 2014: Upaya kepala sekolah dalam mengatasi masalah mengajar guru PAI di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang
Kata Kunci : Upaya kepala sekolah dan masalah mengajar
Guru harus menyadari bahwa mengajar memilki sifat yang sangat kompleks karena melibatkan aspek pedagogis, psikologis, secara bersamaan. Aspek pedagogis menunjuk pada kenyataan bahwa mengajar di sekolah berlangsung dalam suatu lingkungan pendidikan, karena itu guru harus mendampingi peserta didik menuju kesuksesan belajar atau kedewasaan. Aspek psikologis menunjuk pada kenyataan bahwa peserta didik yang belajar pada umumnya memiliki taraf perkembangan yang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga menuntut materi yang berbeda pula.
Tugas guru dalam pembelajaran tidak terbatas pada penyampaian informasi kepada peserta didik. Sesuai kemajuan dan tuntutan zaman, guru harus memiliki kemampuan untuk memahami pesera didik dengan berbagai keunikannya agar mampu membantu mereka dalam menghadapi kesulitan belajar
Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu: Apa saja masalah mengajar guru PAI di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang?. Apa upaya kepala sekolah dalam mengatasi masalah mengajar guru PAI di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang?. Dan apa faktor penunjang dan penghambat dalam upaya kepala sekolah dalam mengatasi masalah mengajar guru PAI di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang?
Penelitian ini berlokasi di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif diskripsi, kemudian seluruh data yang dapat dicek keabsahannya dengan pengamatan, ketekunan, tringulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan: masalah bentuk mengajar guru di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang adalah: a) Masalah penggunaan metode. b) Masalah penggunaan strategi pembelajaran. c) Masalah penyusunan perangkat pembelajaran. Upaya kepala sekolah dalam mengatasi masalah mengajar guru PAI di SMPN I Robatal Kabupaten Sampang antara lain: Memberikan pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar. Faktor Penunjang adalah dukungan dari para guru dalam mengikuti pelatihan yang diadakan oleh kepala sekolah dan, semangat antosias para guru. Faktor penghampat antara lain adalah keterbatasan dana dan fasilitas
Tidak tersedia versi lain