Text
Optimalisasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di MAN Jungcangcang Pamekasan
ABSTRAK
Eka Sucianti 2014, Optimalisasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di MAN Jungcangcang Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,Pembimbing : Dr.H.Moch Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci : Optimalisasi, Layanan Bimbingan dan Konseling.
Ada yang menyatakan bahwa bimbingan identik dengan pendidikan.Artinya apabila seseorang melakukan kegiatan mendidik berarti ia juga sedang membimbing,Namun, yang terjadi di sekolah-sekolah, peran yang seharusnya
dilakukan untuk membimbing siswa cenderung sangat kurang. Guru BK yang seharusnya mengadakan layanan bimbingan dan konseling dengan siswa-siswanya tidak melakukan tugasnya dengan baik. Disebabkan masih banyaknya siswa yang tidak mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh guru BK, adanya siswa yang beranggapan bahwa guru BK itu adalah polisi sekolah dan siswa yang masuk BK dianggap siswa yang bermasalah dalam kategori negatif Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimanakah optimalisasi fungsi layanan bimbingan dan konseling di MAN Jungcangcang Pamekasan? (2) Kendala apa saja yang ditemui guru bimbingan dan konseling dalam mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling di MAN Jungcangcang Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,sumber data diperoleh melalui cara Wawancara, observasi, dan dokumentasi.Informannya adalah kepala sekolah, guru BK, guru tatib, wali kelas dan siswa,
Tekhnik pengecekan keabsahan data melalui Perpanjangan Keikutsertaan,Ketekunan Pengamatan, Triangulasi Data Dan Uraian Rinci.
Hasi penelitian menunjukkan bahwa : Pertama,Optimalisasi Fungsi layanan dan bimbingan dan Konseling di MAN Jungcangcang Pamekasan sudah bisa dikatakan optimal karena hampir dari semua layanan yang ada telah aktif dan
terlaksana dengan baik serta sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa upaya yang dilakukan mengoptimalisasikan fungsi dari layanan-layanan BK adalah Layanan Orientasi dengan mengadakan MOS (Masa Orientasi siswa) setiap tahun
ajaran baru, Layanan Informasi dengan memberikan informasi terbaru yang dibutuhkan siswa, Layanan penempatan dan penyaluran dengan menempatkan siswa pada jurusan yang tepat, Layanan Penguasaan Konten dengan mengatasi
kesulitan belajar siswa, Layanan Konseling Perorangan dengan melakukan konseling individu terhadap siswa secara pribadi,Layanan bimbingan kelompok dengan mengadakan penyuluhan tertentu, Layanan Konseling Kelompok dengan
mengadakan konseling kelompok terhadap permasalahan yang hampir sama,Layanan Konsultasi dengan melakukan konsultasi bebas,dan Layanan Mediasi dengan mencari jalan keluar bersama terhadap pertikaian dua pihak yang sedang
dalam ketidakcocokan.Kedua, Beberapa kendala yang di temui guru BK MAN Jungcangcang Pamekasan dalam mengoptimalkan layanan adalah : (1), kurangnya personel guru BK. (2), Tidak adanya jam khusus untuk guru BK masuk kelas. (3),
masih banyak siswa yang beranggapan bahwa guru BK adalah polisi sekolah yang ditakuti. (4), kurangnya kerjasama guru BK dengan pihak d iluar sekolah. (5),terbatasnya sarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain