Text
PERAN KEDISIPLINAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI KOPERASI PESANTREN ANEKA USAHA BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN
Moh. Zainal Arifin, 2015, “Peran Kedisiplinan Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja di Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Syariah dan Ekonomi, Pembimbing: Dr. Umi Supraptiningsih, S.H., M.Hum
Kata Kunci: Kedisiplinan, Kinerja Karyawan, Koperasi
Kedisiplinan karyawan yang baik, mencerminkan bahwa fungsi-fungsi MSDM lainnya telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Sebaliknya jika kedisiplinan kurang baik, berarti penerapan fungsi-fungsi MSDM pada perusahaan kurang baik. Namun, karyawan di Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan bisa menerapkan kedisiplinan seperti halnya dalam segi waktu sehingga datang dan pulangnya sesuai dengan waktu yang ditentukan dan mengikuti peraturan–peraturan lainnya yang ada pada Koperasi tersebut.
Penelitian ini difokuskan pada 1) bagaimana kedisiplinan karyawan dalam meningkatkan kinerja di Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan?, 2) Apa saja faktor–faktor yang mempengaruhi kedisiplinan karyawan dalam meningkatkan kinerja di Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan?, dan 3) bagaimana dampak kedisiplinan karyawan terhadap peningkatan kinerja di Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana kedisiplinan karyawan dalam meningkatkan kinerja di Koperasi Pondok Pesatren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan, 2) mengetahui apa saja faktor- faktor yang mempengaruhi kedisiplinan karyawan dalam meningkatkan kinerja di Koperasi Pondok Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan, dan 3) mengetahui dampak kedisiplinan karyawan dalam meningkatkan kinerja di Koperasi Pondok Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Informannya adalah pimpinan, karyawan, dan konsumen Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negative, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, audit trail, dan kecukupan referensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Mayoritas karyawan di Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata memiliki kedisiplinan dari segi waktu dan kinerjanya sesuai dengan peraturan atau tata tertib dan berpedoman pada prinsip kerja Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata, 2) Faktor yang melatarbelakangi kedisiplinan kinerja karyawan Koperasi Pesantren Aneka Usaha Bata-Bata yaitu pertama, visi, misi dan tujuan koperasi yaitu keinginan penasehat, pengurus, manager, dan karyawan agar koperasi semakin meningkat dan berkembang sehingga dapat meningkatkan ekonomi pondok pesantren, kedua, yaitu hubungan manusia yang mana dalam hal ini hubungan manusia yang harmonis, mereka harus saling bekerjasama, menciptakan hubungan kemanusiaan yang serasi serta mengikat, vertikal maupun horisontal diantara ketua/manager dengan semua karyawannya, dan 3) Kedisiplinan kinerja karyawan mempunyai dampak yang positif diantaranya a) pada Koperasi Pesantren: meningkatkan perekonomian mandiri Pondok Pesantren Bata-Bata pada umumnya dan Koperasi Pesantren, b) pada karyawan: dengan penanaman karakter, dan c) pada konsumen: akan merasakan kenyaman dan kepuasan.
Tidak tersedia versi lain