Text
STRATEGI VIRAL MARKETING PRODUK TABUNGAN SAJADAH BERHADIAH DI KJKS BMT NU CABANG BLUTO SUMENEP
Sakur Abdus, 2015, Strategi Viral Marketing Produk Tabungan Sajadah Berhadiah KJKS BMT NU Cabang Bluto Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negri Pamekasan, Jurusan Syariah dan Ekonomi, pembimbing H. Nashar, M.M., M.Si.
Kata kunci : Strategi Viral Marketing, Produk Tabungan Sajadah Berhadiah
Peneliti mengangkat permasalahan ini untuk menjadi penelitian dengan judul “Strategi Viral Marketing Produk Tabungan Sajadah Berhadiah”, karna suatu hal atau produk yang diterapakan atau diaplikasikan oleh KJKS BMT NU Cabang Bluto Sumenep ini merupakan sesuatu yang langka atau unik dan dilembaga keuangan lainnya tidak pernah diterapkan atau diaplikasikan, sehingga peneliti mengangkat dan menjadikan sebuah permasalahan dan menjadikan sebuah penelitian, dengan harapan penulis mengetahui bakat minat nasabah dan stategi pemasarannya sehingga bakat minat nasabah akan semakin banyak.
Strategi adalah rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpaduyang mengkaitkan keunggulan perusahaan dalam tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan. Viral marketing adalah metode yang digunakan jaringan sosial dalam menerima pesan kepelanggan potensial yang dapat disampaikan kepengguna online lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menyampaikan pesan suara atau e-mail, atau iklan-kata dari mulut kemulut. Cara ini sangat cepat menyebar bagaikan menyebarnya sebuah virus. Tabungan sajadah berhadiah merupakan tabungan simpanan berjangka wadiah berhadiah. Tabungan sajadah merupakan akad wadiah yad-dhamanah yang dimana ketika orang menitipkan uangnya pihak yang menerima titipan boleh memamfaatkan barang tersebut dengan tanpa mengurangi nilai dari uang itu sendiri, dan pihak pengelola boleh memberikan bonus kepada pemilik uang itu sendiri, dengan syarat bonus tersebut tidak boleh diperjanjikan diawal. Dalam hal produk tabungan sajadah ini merupakan produk baru yang diterbitkan oleh KJKS BMT NU Cabang Bluto Sumenep, yaitu pada bulan Juni 2014 kemarin, dan masih belum genap satu tahun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, jenis penelitian deskriftif yaitu data yang dikumpulakan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah : Strategi Viral Marketing Produk Tabungan Sajadah Berhadiah menghasilkan sesuatu hal yang cukup memukau dalam sebuah teknik pemasaran dan mangambil kepercayaan nasabah, kepercayaan nasabah sangat positif. Nasabah sangat antusias terhadap KJKS ini terutama dalam hal menepati janji ketika menjanjikan sesuatu dalam pemasarannya sehingga walaupun viral marketing ini yang diterapkan dalam produk tabungan sajadah berhadiah hanya sebatas iklan-kata mulut kemulut tetapi apa-apa yang dicantumkan dalam brosur tabungan sajadah berhadiah ini selalu ditepati dan sesuai dengan apa yang dicantumkan dalam brosur itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain