Text
Pengembangan Kecedasan Spiritual Siswa Melalui Pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep
ABSTRAK
Marratus Salehah, 2014, Skripsi, Pengembangan Kecedasan Spiritual Siswa Melalui Pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Pembelajaran PAI
Penelitian ini di fokuskan pada tiga pokok permasalahan yang menjadi topik utama dalam penelitian ini. Pertama, tentang cara guru PAI dalam mengembangkan kecedasan spiritual siswa melalui pembelajaran di SMKN 1 Sumenep. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep. Ketiga, hasil dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep.
Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Pertama, untuk mendiskripsikan cara guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep. Kedua, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep. Ketiga, untuk mengetahui hasil dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari informan dan perilakunya yang diamati, dengan jenis penelitian analisis deskriptif yang mana mempunyai keinginan untuk mengetahui berdasarkan data empiris sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) cara yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI yaitu membimbing siswa menemukan makna hidup, membimbing siswa untuk melakukan akhlak, membimbing siswa untuk selalu berbuat baik dan saling tolong menolong, membimbing siswa untuk selalu beribadah, menceritakan kisah-kisah agung dan mengadakan kegiatan keagamaan. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI yaitu kondisi, metode dan hasil pembelajarannya. 3) hasil dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa yaitu tingkat kesadaran siswa semakin tinggi dan kualitas hidup yang diilhami oleh nilai-nilai agama.
Dengan demikian pengembangan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Sumenep merupakan pengembangan kecerdasan spiritual yang sangat baik bagi siswa. Semoga kepala sekolah atau guru lebih mengembangkan lagi kecerdasan yang sudah diterapkan di SMKN 1 Sumenep.
Tidak tersedia versi lain