Text
Kompetensi Guru PAI dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran di SMKN I Pamekasan
ABSRTAK
Siswanto2014, Kompetensi Guru PAI dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran di SMKN I Pamekasan, Skripsi, Progran Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M. Pd
Kata kunci : Kompetensi Guru, Perangkat Pembelajaran
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana kompetensi Guru PAI dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran di SMKN I Pamekasan, (2)Bagaimana upaya guru PAIdalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajarandi SMKN I Pamekasan, (3) Apa kendala guru PAIdalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran di SMKN I Pamekasan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)kompetensi Guru PAI dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran di SMKN I Pamekasan. (2) upaya guru PAI dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran di SMKN I Pamekasan, (3)Kompetensi guru PAI dalam menerapkan perangkat pembelajaran di SMKN I Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, implementasinya adalah guru dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pendalaman observasi, triangulasi dan pengecekan keabsahan temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Alasan kompetensi guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran di SMKN I Pamekasan adalah baik, karena: (a). dalam menyiapkan perangkat pembelajaran itu sangatlah penting karena sebagai tolak ukur dalam keberhasilan pembelajaran, (b). agar guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan agar pembelajaran dapat terarah dan memepermudah dalam melaksanakan proses belajar-mengajar (2) alasan kompetensi guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran di SMKN I Pamekasan adalah : a) Harus memperhatikan karakter siswa atau peserta didik, karena dalam pemilihan model pembelajarannya sesuai dengan apa yang diharapkan siswa. b) Memilihan materi ajar serta lingkungan yang mendukung. Selanjutnya dapat diteruskan dengan membuat silabus, RPP dll. 3)Membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, instrumen evaluasi atau tes hasil belajar, media pembelajaran, buku ajar siswa.(3) Alasan kompetensi guru PAI dalam menerapkan perangkat pembelajaran di SMKN I Pamekasan adalah cukup maksimal, karena: 1. Menerapkan perangkat pembelajaran, guru dengan mudah melaksanakan proses belajara-mengajar dikelas. 2. Dengan menerapkan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran berlangsung dengan baik karena guru sudah memiliki pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. 3. Dalam menerapkan perangkat pembelajaran merupakan sebuah kewajiban serta tuntutan seorang guru, mau tidak mau dalam menerapkan perangkap pembelajarn ini harus diterapkan dengan semaksimal mungkin
Tidak tersedia versi lain