Text
Dampak Pengajian Kitab Ta’lim al-Muta’allim Terhadap Akhlak Siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong kowel Pamekasan
ABSTRAK
Ahmad kutbi, 2014, Dampak Pengajian Kitab Ta’lim al-Muta’allim Terhadap Akhlak Siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong kowel Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing,
Kata Kunci : Pengajian Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Akhlak Siswa
Penelitian yang berjudul “Dampak Pengajian Kitab Ta’lim al-Muta’allim Terhadap Akhlak Siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong kowel Pamekasan.” ini difokuskan pada (1) Bagaimana dampak pengajian kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap Akhlak Siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi dampak pengajian kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap Akhlak Siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara konkret di lapangan beberapa hal sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dampak pengajian tersebut terhadap akhlak siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. (2) Untuk mengatahui faktor apa saja yang mempengaruhi dampak pengajian kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap Akhlak Siswa SMK al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam jenis penulisannya adalah deskriptif, data yang diperoleh peneliti dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif, kemudian data yang diperoleh dicek keabsahannya dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya dampak dari pengajian tersebut pada akhlak siswa SMK al-Faqih yang mengamalkan isi kitab Ta’lim all-Muta’allim semaksimal mungkin melalui upaya pengontrolan dari guru, juga adanya lembaga pendidikan yang berada di lingkungan pesantren, hal ini menjadi tuntutan terhadap individu untuk memperhatikan tingkah lakunya selama di lembaga pendidikan dengan harapan menjadi sebuah kebiasaan (2) Faktor yang mempenngaruhi adanya dampak pengajian tersebut adalah penekanan dari pengajar selama pelaksanaan pengajian, juga faktor lingkungan yang mempengaruhi agar terlaksananya pengamalan dari isi kitab tersebut.
Agar program-program sekolah ini tetap terjaga dan berjalan secara optimal dalam mencetak siswa yang berbudi luhur, maka diperlukan kerjasama seluruh dewan guru, tetap mengadakan hubungan yang harmonis dengan semua pihak termasuk wali siswa, dean tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung dalam Islam.
Tidak tersedia versi lain