Text
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Khelda Harishah, 2014. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi PAI, jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya guru, Mengatasi Kesulitan Belajar Anak.
Skripsi ini mempunyai beberapa permasalahan yaitu (1) apa saja kesulitan belajar yang dihadapi anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, (2) faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, (3) upaya apa saja yang ditempuh guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Adapun tujuannya adalah (1) untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dihadapi anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, (2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, (3) untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang ditempuh guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dihadapi anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan di antaranya 1) kesulitan belajar dalam membaca dan menulis, 2) kesulitan membaca dalam satu kalimat, 3) kesulitan dalam hal menulis, 4) kesulitan dalam hal pelajaran menghitung, 5) kesulitan memahami pelajaran, dan 6) tidak semangat dalam belajar, sering termenung, acuh tak acuh dalam mengikuti pelajaran dan kadangkala sering mengganggu teman yang lain, 6) kesulitan dalam penyesuaian diri, 7) tidak mampu atau menghindari belajar, 8) lambat dalam proses belajarnya. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan jenis-jenis kesulitan belajar yang dihadapi anak maka dapat disimpulkan faktor kesulitan belajar tersebut adalah 1) faktor intern yaitu yang berasal dari siswa sendiri, 2) faktor ekstern yaitu faktor yang berasah dari luar siswa. Adapun upaya yang ditempuh guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Branta Paseser 3 Kecamatan Tlanakan adalah; 1) Pertama adalah mengatur posisi duduk anak, 2) mengadakan pemeriksaan ksehatan, 3) dengan menanangi anak secara khusus, 3) memberikan motivasi beajar, 4) memberikan pelajaran tambahan, 5) mengunjungi orang tua untuk membicarakan kondisi pendidikan anak di sekolah dan mengajak orang tua yang bersangkutan untuk bersama-sama mendidik anak ke arah yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain