Text
Pendidikan anak perspektif Prof. Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah
ABSTRAK
Munawir Ghazali AM, 2014. Pendidikan anak perspektif Prof. Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Strata Satu (S1) STAIN Pamekasan. Pembimbing : Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan Anak, Tafsir Al-Mishbah.
Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk pedoman hidup umat manusia agar selamat di dunia dan akhirat. Secara umum di dalam al-Qur'an terkandung banyak unsur dan nilai-nilai Pemdidikan diantaranya adalah pendidikan anak. Skrispsi ini berusaha untuk menguak secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan anak menurut Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 dan Surat As-Shaffat ayat 102. Penulis merumuskan sebagai berkut : Konsep pendidikan anak, materi dan metode dalam mendidikan anak.
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian diatas, antara lain: (a) metode deduksi, (b) metode induksi, (c) metode komparasi, (d) metode diskriptif, dan (e) Metode tafsir tematik (Tafsir Maudhu'i). Dalam menggali sumber dan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh pembahasan skripsi ini, maka penulis menggunakan pendekatan study pustaka, yaitu suatu pendekatan dengan menghimpun informasi bacaan dari buku, skripsi, thesis, desertasi, dan lain sebagainya. Data yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini adalah data kualitatif yang sifatnya tekstual dan kontekstual, yaitu berupa statement-statement atau pernyataan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Tafsir Al-Mishbah yang ada relevansinya dengan tema bacaan yang dikaji, sesuai dengan sifat, jenis dan metode yang digunakan. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengunakan Al-Qur’an dan tafsir Al-Mishbah sebagai sumber utama dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan anak Perspektif Prof. Dr. Quraish Shuhab, MA dalam Tafsir Al-Mishbah tercermin dari ayat 12-19 surat Luqman dan ayat 102 Surat As-Shaffat. Dimana dalam dua surat tersebut terdapat konsep pendidikan anak, yang menitikberatkan pada pendidkan moral dan prilaku terutama sikap dan prilaku terhadap tuhan yang Maha Esa Allah SWT. Juga dalam dua surat tersebut terdapat materi Pendidkan yang berupa pelajaran Aqidah, Syariat dan Akhlaq. Terkhir yang diambil diambil dari surat tersebut adalh berupa Metode pembelajaran yang berupa metode komunikasi antara pendidik dan peserta didik yang terjalin dengan penuh kasih sayang, kelembutan dan demokratis.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah STAIN Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain