Text
Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang
A B S T R A K
Ahmad Jailani. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan; Dosen Pembimbing: Achmad Muhlis, MA.
Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih; Model Kooperatif Tipe STAD.
Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) memiliki keunggulan dalam membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit. Selain itu, pembelajaran ini dikembangkan untuk mencapai hasil belajar akademik dan keterampilan sosial siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran ini sangat cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar. Ada dua permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang? (2) Apa saja kendala dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian fenomenologis. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih Kelas VII, VIII, dan IX MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang dilaksanakan dengan: Pada tahap pendahuluan, guru mengkomunikasikan tujuan dan hasil pembelajaran kepada siswa, serta memotivasi mereka dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh. Pada tahap kegiatan inti, guru menyampaikan materi pembelajaran kemudian memberi-kan tes awal untuk mendapatkan skor dasar. Kemudian membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dan diberi bahan-bahan diskusi. Setelah itu siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Lalu, guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual. Terakhir, memberikan penghargaan kepada kelompok. Pada kegiatan akhir, guru memberikan refleksi pekerjaan rumah kepada siswa. (2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang adalah: rawan terjadinya situasi kelas yang gaduh manakala kelas kurang bisa dikendalikan oleh guru, adanya siswa yang tidak dapat bekerjasama dengan teman-temannya secara efektif dalam kelompok, adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam mencari dan menggunakan informasi, dan minimnya alat/sumber belajar dan sempitnya alokasi waktu.
Tidak tersedia versi lain