Text
Studi Perbandingan Prestasi Belajar Membaca Al-Qurán Antara Siswa Yang Beerpendidikan Madrasah Dengan Siswa Yang Tidak Berpendidikan Madrasah Di MTs.TarbiyatunNasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
HananatulQudsiyah, 2014, Studi Perbandingan Prestasi Belajar Membaca Al-Qurán Antara Siswa Yang Beerpendidikan Madrasah Dengan Siswa Yang Tidak Berpendidikan Madrasah Di MTs.TarbiyatunNasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan Tahun Pelajaran 2013/2014, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Buna’i, S.Ag, M.Pd
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Membaca Al-Qurán, Pendidikan Madrasah
Dalam usaha mewujudkan manusia yang taat beragama para orang tua sejak dini berusaha menanamkan tradisi keagamaan kepada putra-putrinya. Salah satu akses (saluran) untuk memahami dan mengenalkan sekaligus menanamkan agama adalah dengan berusaha sejak dini membiasakan anak untuk dapat membaca dan menulis aksara pada kitab suci. Dalam usaha itu, para orang tua menempuh beragam cara, yakni ada yang memasukkannya ke madrasah diniyah (cara yang lazim) namun ada yang memandangnya tidak perlu, bahkan cukup dengan mendatangkan privat ke rumah disamping orang tua berusaha sendiri. Hal ini terjadi terutama pada kalangan tertentu pada masyarakat. Ada satu rumusan masalah yang akan diteliti pada penelitian ini yaitu adakah perbedaan prestasi belajar membaca Al-Qur’an antara siswa yang berpendidikan Madrasah dengan siswa yang tidak berpendidikan Madrasah di MTs.TarbiyatunNasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan tahun pelajaran 2013/2014.
Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif komparatifkausal, artinya penelitian yang mengkaji data dalam wujud angka untuk membandingkan tentang prestasi belajar membaca Al-Qur’an dari subyek penelitian. Data yang diperoleh dengan cara tes, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes (uji-t).
Hasil penelitian yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang berpendidikan madrasah dalam hal prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan siswa yang tidak berpendidikan madrasahdi MTs.TarbiyatunNasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain