Text
Strategi Pembelajaran PQ4R dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung I Pamekasan
ABSTRAK
Fauzi Hidayat, Achmad. 2014. Strategi Pembelajaran PQ4R dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung I Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Dosen Pembimbing Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si.
Kata kunci: strategi PQ4R, pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Strategi pembelajaran PQ4R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu rencana dan pola pikir guru dalam menyampaikan materi pelajaran, untuk membantu siswa dapat berkonsentrasi penuh dalam memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam dalam kehidupan pribadinya maupun masyarakat.
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama yaitu, pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran PQ4R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung I Pamekasan, kedua, bagaimana keefektifan strategi pembelajaran PQ4R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung I Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru dan peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, penerapan strategi pembelajaran PQ4R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung I Pamekasan dilaksanakan di kelas IV, V dan VI dan kegiatan membaca buku pelajaran siswa dapat mengingat, memahami dan dapat berkonsentrasi lebih lama terhadap materi pelajaran yang telah dibaca serta siswa dapat berkomunikasi dengan orang lain lewat tulisan sehingga dengan membaca siswa dapat menyelesaikan permasalahan atau mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada materi pelajaran tersebut dan dapat meringkas atau menyimpulkan materi yang telah dibaca. Dengan hal ini dapat mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kedua, keefektifan strategi pembelajaran PQ4R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung I Pamekasan dapat diukur dari kecermatan penguasaan kemampuan atau perilaku yang dipelajari, kecepatan unjuk kerja, kesesuaian dengan prosedur kegiatan belajar yang harus ditempuh kuantitas unjuk kerja sebagai bentuk hasil belajar, kualitas hasil akhir yang dapat dicapai, tingkat alih belajar dan tingkat retensi belajar yang dalam hal ini diperlukan guru yang mempunyai strategi pembelajaran yang jitu dan tepat dalam menyampaikan materi-materi ajar.
Tidak tersedia versi lain