Text
Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal kabupaten Sampang
ABSTRAKSI
NAMA : Moh. Suhdi, 2014: Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal kabupaten Sampang
Kata Kunci : Implementasi pendidikan agama Islam dan pembentukan akhlak
siswa
Guru Agama Islam yang berada di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang dalam memberikan bimbingan serta penyadaran-penyadaran terhadap mereka, agar dapat meminimalisir kenakalan dan bisa mengikuti proses belajar mengajar yang targetnya adalah perubahan tingkah laku yang kurang baik menjadi tingkah laku yang lebih baik. Dari hasil observasi awal yang telah diteliti, peneliti menemukan fenomena tentang akhlak siswa yang telah mengalami penurunan, disebabkan karena semakin pesatnya kemajuan di bidang teknologi dan informasi yang semakin meningkat serta kurangnya pengenalan Pendidikan Agama Islam sejak dini. Misalkan dalam observasi yang peneliti lakukan menemukan siswa yang bertato Ini membuktikan bahwa krisis moral mulai menjalar bukan hanya terjadi di lingkungan yang bebas akan tetapi mulai terlihat di lingkungan sekolah. Agar dapat meminimalisir dekadensi akhlak tersebut, maka guru Pendidikan Agama Islam dapat membentuk dan membangun kepribadian siswa menjadi seorang siswa berakhlak baik serta akan berguna bagi agama, nusa, dan bangsa
Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu: Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa?. Apa saja faktor-faktor penunjang dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa? Dan Apa saja faktor-faktor penghambat dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa?
Penelitian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal kabupaten Sampang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif diskripsi, kemudian seluruh data yang dapat dicek keabsahannya dengan pengamatan, ketekunan, tringulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan: implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal kabupaten Sampang. Antara lain adalah melalui pengajar, pembimbing dan motivator. faktor-faktor penunjang dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal kabupaten Sampang. Atara lain adalah a) pelaksanaan pendidikan dilaksanakan secara holistik dalam semua aspek kegiatan madrasah. b) Materi tidak hanya disampaikan apa adanya tetapi lebih ditekankan pada pemahaman dan nilai kemanfaatan bagi kemaslahatan umat. c) Metode yang digunakan, dengan mencontoh yang dilakukan Nabi. d) Penciptaan lingkungan yang Islami dan kondusif. Faktor-faktor penghambat dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Kecamatan Robatal kabupaten Sampang. Antara lain adalah guru, siswa dan lingkungan.
Tidak tersedia versi lain