Text
Penerapan Spiritual Teaching pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan
ABSTRAK
Fauzi, Ahmad Hanif. 2014. Penerapan Spiritual Teaching pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Spiritual Teaching, Pembelajaran PAI.
Ada tiga permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yakni: (1) Bagaimanakah strategi spiritual teaching pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan spiritual teaching pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan? (3) Bagaimana upaya dalam mengatasi kendala penerapan spiritual teaching pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitiannya adalah Semua Guru PAI SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama kurang lebih satu bulan; Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Strategi spiritual teaching pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan adalah dengan: memasukkan unsur-unsur spiritual yang bersifat edukatif (mendidik). Transformasi edukatif tersebut melalui komunikasi antara pendidik dan peserta didik yang tidak hanya mengandung unsur pedagogis dan didaktif, tetapi juga unsur psikologis dengan memasukkan sisi spiritual dan perasaan kasih sayang. Pertama, sebagai pembimbing siswa dalam memecahkan kesulitan pembelajaran. Kedua, sebagai sumber yang dapat membantu menjawab dan memecahkan pertanyaan siswa untuk memperoleh informasi lanjutan. Ketiga, menilai hasil belajar. (2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan spiritual teaching pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, adalah minimnya pengawasan dari guru-guru lain yang bukan guru PAI sehingga mereka terkadang membiarkan siswa yang lalai dalam melaksanakan shalat berjamaah. Terkadang ditemukan siswa yang sembunyi atau duduk-duduk ketika waktu pelaksanaan shalat berjamaah. Selain itu, rasa malas siswa kerap menjangkiti para siswa sehingga mereka hanya tidur-tiduran di Masjid, bahkan ada yang tidur beneran. (3) Upaya yang telah dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala penerapan spiritual teaching adalah dengan cara bersama guru-guru lainnya melalukan usaha penilaian status siswa, melakukan diagnosa melalui wawancara, bekerjasama dengan guru-guru lain terutama guru BK.
Tidak tersedia versi lain