Text
Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Pembentukan Akhlak Siswa Di MTs Sayyid Yusuf Talango Sumenep
ABSTRAK
Ahmad Ukik, 2014, Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Pembentukan Akhlak Siswa Di MTs Sayyid Yusuf Talango Sumenep, Skripsi, Jurusam Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala sekolah, Pembentukan akhlak
Pemimpin mempunyai peran utama dalam menentukan arah kebijakan, untuk mewujudkan visi dan misi dari lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik, maka dibutuhkan pemimpin bijak, tegas, jujur, adil, dan dapat dipercaya. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MTs Sayyid Yusuf Talango Sumenep untuk melihat bagaimana penerapan dan perkembangan kepemimpinan dalam menerapkan konsep-konsep kepemimpinan.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana tipe Kepemimpinan kepala sekolah pada pembentukan akhlak siswa di MTs Sayyid Yusuf Talango Sumenep. kedua, Bagaimana Implikasi Kepemimpinan kepala sekolah pada pembentukan akhlak siswa di MTs Sayyid Yusuf Talango Sumenep .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan dan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tipe kepemimpinan yang ada di MTs Sayyid Yusuf Talango Sumenep pada pembentukan akhlak siswa menggunakan tipe kepemimpinan demokratis. Hal ini terlihat oleh kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin dan mengambil keputusan selalu berdasarkan musyawarah mufakat. 2) Implikasi kepemimpinan kepala sekolah pada pembentukan akhlak siswa di MTs Sayyid Yusuf Talango sumenep, tercermin pada berbagai program yang dirancang oleh kepala sekolah untuk meningkatkan ahkhlak siswa seperti program antar jemput dan jumat ibadah sudah mulai terlihat berjalan efektif hal ini terbukti dari sikap dan tindakan yang dilakukan oleh siswa setiap hari yang mencerminkan nilai-nilai yang beretika seperti bersalaman ketika bertemu dengan guru dan kepala sekolah ini semua tidak lepas dari hasil dan upaya keras yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk membina dan memberi arahan kepada siswa untuk bersikap sopan.
Tidak tersedia versi lain