Text
Penerapan Strategi Reading Aloud (membaca keras) dalam Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist di SMK al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan
ABSTRAK
Ahmad Muaidi, 2014, Penerapan Strategi Reading Aloud (membaca keras) dalam Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist di SMK al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Moh. Zaini, MM
Kata kunci: Strategi, al-Qur’an Hadist, SMK
Pemilihan strategi sangat diperlukan dalam proses pembelajarann. Hal itu bertujuan untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penggunaan strategi tidak akan berfungsi secara maksimal jika tidak dilaksanakan dengan langkah-langkah yang benar. Oleh karena itu, perlu kejelian dari seorang pendidik untuk menerapkan strategi pembelajaran yang digunakan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan strategi reading aloud dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Kedua, Bagaimana penguasaan siswa terhadap materi melalui strategi reading alouddalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mapel, kepala sekolah dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,penerapan strategi reading aloud di awali dengan perintah guru kepada siswa untuk mencari naskah pidato dan khotbah. Setelah itu di praktekan untuk dibaca di depan kelas. Siswa yang lain bertugas untuk menyimak dan menulis materi yang di sampaikan. kedua, dengan melalui beberapa evaluasi diantaranya UTS, UAS dan ujian Praktek diketahui penguasaan siswa terhadap materi cukup baik. Hal tersbut dapat dilihat dari nilai siswa yang dimiliki oleh guru mapel.
Agar kedepanya prestasi siswa lebih maju, diperlukan kreatifitas dari pendidik dalam mengelola program pembelajaran yang dilakukan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai pemilihan strategi pmbelajaran.
Tidak tersedia versi lain