Text
Keterlibatan Guru Bimbingan Konseling (BK) pada Efektivitas Belajar Siswa di MA Matsaratul Huda Panempan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Husnul Imamah, 2014, “keterlibatan guru bimbingan konseling (BK) pada efektivitas belajar siswa di MA Matsaratul Huda Panempan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan’’. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN, Pembimbing: Dra, Hj. Waqiatul Masruroh. M. si.
Kata kunci: Bimbingan Konseling,Efektivitas Belajar
MA Matsaratul Huda merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam di bawah naungan PP.Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Guru bimbingan konseling (BK) disini bertugas untuk menangani masalah yang dihadapi oleh peserta didik baik dalam masalah kesulitan belajar, masalah dalam keluaraga, kurangnya motivasi, nakal dalam kelas dan lain sebagainya. Yang menyebabkan peserta didik kurang efektif dalam belajar di dalam kelas.
Ada 3 permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini : pertama, bagaimana bentuk keterlibatan guru bimbingan konseling pada efktivitas belajar siswa di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan kedua, bagaimana peranan guru bimbingan konseling pada efektivitas belajar siswa di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Ketiga, apa saja kendala yang di hadapi guru bimbingan konseling pada efektivitas belajar siswa di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti hadir ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data atau informasi. Dalam kegiatan penelitian ini meliputi pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara terstruktur kepada guru dan Kepala MA serta dokumentasi. Dalam proses pengumpulan data melalui langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data. Maka untuk mendapatkan data yang valid di lakukan pengecekan dengan menggunakan triangulasi. Dalam beberapa tahapan yang dilakukan peneliti semuanya adalah dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian.
Hasil penelitian menjawab bahwa: pertama, Keterlibatan guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting dalam peningkatan efektivitas hasil belajar siswa juga dalam mengatasi masalah yang di hadapi oleh siswa. Sehingga dalam suatu lembaga pendidikan sangat di perlukan adanya guru bimbingandan konseling (BK), yang mana dengan adanya guru BK di sekolah dapat membantu siswa baik itu masalah pribadi, sosial, ataupun masalah minat belajar. kedua, Guru BK mempunyai peranan yang penting di sekolah karena guru BK di sini memberikan penyuluhan kepada siswa, jadi seorang guru BK harus siap ketika ada siswa yang mengalami suatu masalah baik masalah pribadi maupun masalah dalam minat belajar. ketiga, Dalam proses bimbingan dan konseling tidak menutup kemungkinan adanya kendala atau hambatan yang di hadapi oleh guru BK. Maka dari itu kendala tersebut di perlukan jalan keluar atau solusi agar kendala tersebut dapat di selesaikan. Begitu juga halnya dengan keterlibatan guru BK pada efektivitas belajar siswa di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan ada banyak kendala yang di hadapi oleh guru BK.
Ada sebagian murid yang terlalu ego, tidak mau mendengarkan nasehat maupun arahan dari guru BK, wali murid yang tidak mau memenuhi panggilan sekolah untuk menghadap bahkan di wakili kepada orang yang tidak mempunyai hak untuk menghadirinya.
Tidak tersedia versi lain