Text
Efektifitas Pendidikan Karakter Terhadap Pengembangan Emotional Quotient Di SMK Maarif Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Hosnah, 2014 Efektifitas Pendidikan Karakter Terhadap Pengembangan Emotional Quotient Di SMK Maarif Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing:Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Emotional Quotient, SMK Maarif
Penelitian skripsi ini ingin menjawab dua persoalan penting, yaitu: Pertama, tentang ada tidaknya efektifitas pendidikan karakter terhadap pengembangan Emotional Quotient Di SMK Maarif Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan;Kedua, seberapa besar pengaruh efektifitas pendidikan karakter terhadap pengembangan Emotional Quotient Di SMK MaarifBranta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 113 siswa. Dalam penelitian ini mengambil sampel 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi,dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung mulai dari tanggal 19februari sampai tanggal 10maret 2012 . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product momentdengan memakai referensi utama buku suharsimi arkunto yang berjudul prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, efektifitas pendidikan karakter terhadap pengembangan Emotional Quotient Di SMK MaarifBranta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasanadalah agak rendah. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa ”r” kerja0,511 lebih besar dari pada harga kritik product moment, baik pada taraf signifikan 95% 0,355 maupun pada taraf signifikan 99% 0,456. Dan r kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi berada pada interval 0,400 sampai 0,600 dengan interpretasi agak rendah.Hal ini dikarenakan ada beberapa indikator yang tidak tercapai secara maksimal contohnya seperti motivasi dan rasa percaya diri masih rendah Dan yang paling dominan yaitu tentang cinta kepada tuhan serta kemandirian siswa karena lembaga SMK Maarif Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan pengelolaannya dibawah naungan yayasan dan pondok pesantren, sedangkan pusat pendidikan yang dikembangkan dibawah binaan LP Maarif.
Tidak tersedia versi lain