Text
Penerapan Pendidikan Moral dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Rina Astini, 2014. Penerapan Pendidikan Moral dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan moral, kepribadian siswa
Ada dua (2) permasalahan yang menjadi ajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana penerapan pendidikan moral dalam pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Kedua, Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan pendidikan moral dalam pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimana penerapan pendidikan moral dalam pembentukan kepribadian di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, (2) kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan pendidikan moral dalam pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Sumber data sekunder adalah siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan pendidikan moral dalam pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan dengan berorientasi pada visi dan misi sekolah, yaitu visi menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insani yang berkualitas di bidang IPTEK dan keterampilan, dan misi mengoptimalkan akhlak keimanan dan ketaqwaan. Penanaman nilai-nilai moralitas pada siswa diantaranya religius, sosialitas, kejujuran, kemandirian, dan tanggung jawab. (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan moral dalam pembentukan kepribadian siswa di Sekolah Dasar Negeri Kolpajung II Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan adalah kendala internal seperti anak tidak memperhatikan perintah guru dan kendala sosio-kultural seperti kurangnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan, dan pengaruh media informasi.
Tidak tersedia versi lain