Text
Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan di Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang
ABSTRAK
Moh. Ali Mahrus, 2014, Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan di Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci : Kepala Madrasah, Meningkatkan Layanan Pendidikan
Ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Pertama, Upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan layanan pendidikan di Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang.
Kedua, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan layanan pendidikan di Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang.
Sedangkan pendekatan yang digunakaan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan hasil deskriktif berupa kata/tuliasan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Sumber datanya adalah kepala madrasah, guru madrasah, murid madrasah, aktifitas, peristiwa, dan data-data dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan layanan pendidikan di Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang adalah dengan cara meningkatkan kemampuan profesi guru, dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan, melengkapi sarana dan prasarana seperti mengadakan perbaikan ruang kelas, meningkatkan manajemen dengan cara membuat rancangan anggaran belanja, perencanaan dana, dan pengembangan sarana dan prasarana. Kedua, Pendukung dan Penghambatnya ialah, Pendukung: Pengalaman mengajar guru yang cukup profesional, pendidikan akhir guru atau tingkat pendidikan guru mayoritas alumni pesantren, dukungan orang tua atau wali murid terhadap upaya-upaya yang dilakukan kepala Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsidin. Sedangkan penghambatnya: kurangnya sarana dan prasarana atau dapat dikatakan sarana dan prasarana yang ada belum memadai, terbatasnya dana dalam mengembangkan Madrasah Diniyah Kholafiyatul Mustarsidin guna meningkatkan layanan pendidikan.
Agar program-program berjalan dengan optimal maka diperlukan kesungguhan dari pengelola madrasah agar terciptanya madrasah yang berkualitas.
Tidak tersedia versi lain