Text
Motivasi Belajar Anak Pesisir Dalam Belajar Pendidikan Agama Islam Di MTs Miftahul Ulum Pulau Mandangin Kabupaten Sampang
ABSTRAK
Maryamah 2014, Motivasi Belajar Anak Pesisir Dalam Belajar Pendidikan Agama Islam Di MTs Miftahul Ulum Pulau Mandangin Kabupaten Sampang, Program Pendidikan Studi Agama Islam, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci : Motivasi Belajar Anak Pesisir dan Pendidikan Agama Islam
Motivasi Belajar Anak Pesisir adalah suatu dorongan yang di miliki oleh setiap individu dalam belajar. Adapun Motivasi belajar anak Pesisirsangat tinggi dalam belajar Pendidikan agama Islam, hal ini dibuktikan dengan adanya lembaga MTs yang ada di Pulau Mandangin Kabupaten Sampang sudah meningkat dari pada sebelumnya.
Adapun permasalahan yang menjadi pembahasan pokok dalam penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Faktor apa saja yang menjadi motivasi anak pesisir dalam belajar pendidika Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Pulau Mandangin Kabupaten Sampang. Kedua,Faktor apa yang mendukung serta menghambat anak pesisir dalam belajar pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Pulau Mandangin Kabupaten Sampang. Ketiga, Bagaimana upaya meningkatkan motivasi anak pesisir dalam belajar pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Pulau Mandangin Kabupaten Sampang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk deskriptif, sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian seluruh data yang dapat di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan refrensi.
Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan: 1) Faktor yang memotivasi anak pesisir dalam belajar pendidikan Agama Islam, yaitu: adanya beberapa faktor yang menjadi motivasi, diantaranya dari keinginan diri sendiri, lingkungan, bahkan faktor dari orang tua yang sealalu berperan serta untuk selalu memotivasi anaknya dalam belajar pendidikan agama Islam, karena ilmu pendidikan agama Islam merupakan ilmu yang mencakup segalanya. Denganadanyamotivasidaridirisendiridanfaktordariluarpribadisiswa, makasaat proses belajarmengajarcepat di pahamidan di mengertiolehsiswa. 2) Faktor yang mendukungsertayang menghambatanakpesisirdalambelajarpendidikanAgama Islam, yaitu: lengkapnya sarana dan prasaran yang ada di sekolah, keluarga yang selalu memperhatikan perkembangan pendidikan anaknyaselalu mendukung dengasn memberikan hadiah dan memberikan keperluan sekolah yang di butuhkan anak dalam belajar. Lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar, baik dalam hal yang mendukung belajar ilmu Agama, yaitu adanya lingkungan yang agamis serta banyaknya mushollah dan lembaga yang berbasis Islam seperti MTs, dan MD (Madrasah Diniyah). Dan malah sebaliknya halhal yang telah disebutkan di atas juga menjadi faktor penghambat dalam motivasi belajar anak pesisir. 3) Upaya meningkatkan motivasi belajar anak pesisir dalam belajar pendidikan Agama Islam, adanya usaha yang di lakukan dari guru-guru yang ada di sekolah dengan memberikan penghargaan atau hadiah kepada siswa yang berprestasi dan melakukan pendekatan-pendekatan kepada siswa yang kurang semangat dalam belajarnya dengan memberikan arahan, serta pujian.
Tidak tersedia versi lain