Text
Penerapan Supervisi Non Direktif Pada Peningkatan Mutu Guru Di MTs Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
I K S A N 2014, Penerapan Supervisi Non Direktif Pada Peningkatan Mutu Guru Di MTs Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing; Drs. H. SAIFUL ARIF, M.Pd
Kata kunci: Supervisi non direktif, mutu guru
Ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan supervisi pendidikan non direktif pada peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan supervisi pendidikan non direktif pada peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan ?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan supervisi pendidikan non direktif pada peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan? (2) Untuk mengetahui Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan Supervisi Pendidikan non direktif pada peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan peneliti, dan Triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan (1) penerapan supervisi non direktif pada peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan adalah selalu memberikan kebebasan kepada semua guru bukan berarti lepas tangan, tetapi dalam rangka memberikan kepercayaan dan pendewasaan agar bisa memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya namun ketika guru tidak bisa memecahkan sendiri maka, kepala madrasah adakan rapat evaluasi dengan cara mendengarkan terhadap permasalahan yang terjadi pada guru untuk dipecahkan bersama. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan supervisi pendidikan non direktif pada peningkatan mutu guru tentunya tidak terlepas dari adanya dua faktor yang mempengaruhinya. Baik itu intren ataupun ekstren. Mengenai faktor intern ini berasal dari Guru itu sendiri, yang berupa peningkatan mutu guru ataupun kesadaran diri untuk menjadi guru yang baik serta memahami terhadap penerapan supervisi non derektif. Sehingga bagaimana guru dalam proses tersebut mampu menjadi guru yang profesional sesuai dengan apa yang telah diharapkan bersama oleh masyarakat khususnya lembaga pendidikan Al-Falah serta Bagaiman guru mengalami perubahan sikap dari sebelumnya (dari bentuk negative ke positif). Menegnai faktor ekternal, ini berkaitan dengan prasarana yang disediakan oleh MTS Al-Falah, serta aturan dan kiprah para guru di lembaga ini. Ini semua berpengaruh di dalam peningkatan mutu guru dengan melalui supervisi non derektif
.
Tidak tersedia versi lain