Text
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Rofiatun Hasanah, 2010, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skiripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata kunci:Kurikulum, Pengembangan Kurikulum PAI
SMP Negeri 2 Pademawu merupakan lembaga pendidikan negeri, besar sekali peran yang dimainkan dalam rangka membangun manusia seutuhnya. Adapun dalam rangka berpartisispatif untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan tentunya perlu ditanamkan nilai-nilai ke-Islaman.
Ada dua fokus penelitian yaitu:1) Bagaimana cara Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Pademawu?,2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam diSMP Negeri 2 Pademawu?. Dengan demikian, signifikansi penelitian ini secara teoritis, untuk mendeskripsikan tentang bagaimana cara guru PAI mengembangkan kurikulum PAI melalui Pedoman Pembelajaran seperti silabus dan RPP.
Adapun jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif,sedangkan teknik pengumpulan datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif.sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Seluruh data yang didapat dicekkeabsahannya dengan perpanjangankeikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwapertama,cara pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu mencakup beberapa komponen meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), program semester (Promes) dan program tahunan (Prota) sesuai dengan tujuan pendidikan, sedangkan kurikulum yang diterapkan yaitu kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang mana landasan penyusunan kurikulum KTSP ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sedangkan Kurikulum berbasis kompetensi yang sedang digalakkan disekolah/ madrasah termasuk dalam kategori pendekatan teknologis.Kedua, faktor Pendukung Pengembangan Kurikulum PAI SMP Negeri 2 Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu: adalah tersedianya media pembelajaran yang cukup, meliputi berbagai fasilitas belajar yang menyenangkan seperti sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan agama Islam, terkendala dengan minimnya pelatihan yang diikuti oleh guru, karena dengan pelatihan maka guru akan mempunyai pemahaman tentang metode dengan lebih rinci serta kurangnya inservice training.
Tidak tersedia versi lain