Text
Bimbingan Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid Bagi Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rohmaniyah Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep
ABSTRAK
Moh Nasir, 2014,Bimbingan Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid Bagi Santri Di Pondok Pesantren Ar-RohmaniyahGapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam. STAIN Pamekasan, Pembimbing:
Dr. H. SaifulHadi, M. Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid
bimbingan membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid yaitu proses pemberian bantuan dari orang yang ahli agama yang sudah mendalami ilmu untuk mengenalkan serta memahamkan bagaimana membaca dan mengucapkan lafadz-lafadz Al-Qur’an dengan baik dan benar.
.
Berdasarkan hal di atas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Proses Pembelajaran Santri dalam membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Ar-RohmaniyahGapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep; kedua, Bagaimana Perkembangan Pemahaman Santri Dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Ar-RohmaniyahGapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep;Ketiga, Bagaimana Kemampuan Santri Dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Ar-RohmaniyahGapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah diskriptif analisis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah Pengasuh,Ustadz-Ustadzah dan Santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui, ketekunan pengamatan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa: pertama:proses pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid di pondok pesantren Ar-rohmaniyahGapuraBarat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep diantaranya menyuruh santri untuk membersihkan kelas yang akan ditempati bimbingan, kemudian setelah itu santri disuruh mengmbilwudhu’ lalu menyuruh santri memegang Al-Qur’an dan ilmu tajwid yang telah disediakan dan membaca doa sekaligus membaca ayat kursi bersama-sama. Setelah membaca doa bersama kemudian santri disuruh untuk membaca al-qur’an melalui ilmu tajwid satu-persatu sebelum proses pembelajaran membaca al-qur’an melalui ilmu tajwid berlangsung.Kedua: Perkembangan pemahaman santri ketika pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid di Pondok Pesantren Ar-RohmaniyahGapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumnenp cukup berhasil karena para santri bisa memahami dengan cara-cara bimbingan ustadz-ustadzahnya yang baik dan benar sesuai dengan metode menghafal dan qiroatiyang diterapkan.Ketiga:Kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwidbahwa, awalnya mereka tidak tahu membaca Al-Quran, saat ini sudah mulai banyak yang mampu dalam pemahaman pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid yang ustadz-ustdzahajarkan.
Tidak tersedia versi lain