Text
Upaya Guru Bidang Studi Dalam Pencapaian Standar Kelulusan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Milki Sulaiman As Sulton, 2014, Upaya Guru Bidang Studi Dalam Pencapaian Standar Kelulusan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan), Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata kunci : Upaya Guru, Pencapaian Standar, Ujian Akhir Madrasah
Ada tiga fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama; upaya apa yang dilakukan guru bidang studi dalam pencapaian standart kelulusan Ujian akhir Madrasah Berstandar Nasional Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan. Kedua; Apa faktor penghambat guru bidang studi dalam pencapaian standart kelulusan Ujian akhir Madrasah Berstandar Nasional Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan. Ketiga; Bagaimana tingkat pencapaian siswa dalam bidang studi pada kelulusan Ujian akhir Madrasah Berstandar Nasional Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pengajar PAI, dan siswa. Adapun pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara bertahap. Pertama; pengunpulan data, kedua mereduksi data dengan menyeleksi dan mengelompokkan, ketiga display data, dan yang terakhir menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) upaya yang dilakukan guru bidang studi dalam pencapaian standart kelulusan Ujian akhir Madrasah Berstandar Nasional Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan adalah menjawab soal-soal di lembar kegiatan siswa, mengkaji soal-soal terdahulu, dan menganalisa kisi-kisi ujian. Dengan memaksimalkan buku pegangan siswa guru juga menggunakan metode yang variatif. Sepert; metode tanya jawab, kelompok, dan pemberian tugas. 2) faktor penghambat yang dilakukan guru bidang studi dalam pencapaian standart kelulusan Ujian akhir Madrasah Berstandar Nasional Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan adalah faktor lingkungan, faktor kemampuan siswa, 3) ketiga; tingkat pencapaian siswa dalam bidang studi pada kelulusan Ujian akhir Madrasah Berstandar Nasional Di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu Pamekasan mencapai nilai standar kelulusan nasional dengan rata-rata 7.00 dengan predikat tercapai.
Berdasarkan penelitian tersebut hendaknya bagi pelaksana Ujian Akhir Madrasah diharapkan soal-soal yang dimuat sesuai dengan kisi-kisi yang telah diuraikan. Bagi guru bidang studi harus memaksimalkan soal-soal dan kisi UAMBN dengan cara menggunakan metode yang eduakatif agar dapat mencapai nilai standar kelulusan. Bagi siswa hendaknya mengoptimalkan upaya guru bidang studi Agama seperti latihan menjawab soal, mengkaji kisi-kisi soal sehingga pada pelaksanaan ujian semua siswa dapat menjawab soal dan mencapai nilai standar nasional yang telah ditentukan.
Tidak tersedia versi lain