Text
Implementasi Pendidikan Pramuka Terhadap Disiplin Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan
ABSTRAK
MOH HANAFI. 2014, Implementasi Pendidikan Pramuka Terhadap Disiplin Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr.Atiqullah, S.Ag. M.Pd
Kata Kunci : Pendidikan Pramuka
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam Penelitian ini (1) Bagaimana keaktifan siswa dalam Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan,(2) Bagaimana upaya Implementasi Pendidikan Pramuka yang dilakukan oleh Kakak Pembina dalam mendisiplinkan siswa Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan,(3) faktor apa saja yang dapat mempengaruhi bentuk Implementasi Pendidikan Pramuka dalam mendisiplinkan siswa di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan.
Adapuntujuan yang hendak dicapai dari proses penelitian ini penulis ingin mendeskripsikan: (1)Untuk mengetahui keaktifanSiswadalamKegiatanKepramukaan di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan., (2)Untuk mengetahui upaya implementasi pendidikan Pramuka yang dilakukan oleh kakak pembina dalam mendisiplinkan siswa Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan. (3)Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi bentuk implementasi pendidikan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan.
Pendekatan ini mengguanakan pendekatan Kualitatif dan jenis Penelitiannya Deskriftif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Dan lokasi penelitiannya yaitu di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan. Sedangkan untuk memperoleh data yang akurat maka kunci utama ada pada pembina, kepala sekolah dan siswa Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan.
Hasil data Meneunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Pramuka Terhadap disiplin Siswa DI madrasah Aliyah Negeri Pamekasan, (1) Bentuk keaktifan Siswa dalam kegiatan Kepramukaan di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan dapat dikatakan baik hal ini dibuktikan dengan adanya suatu respon siswa yang sangat senang serta bersemangat sekali ketika belajar Pramuka disekolah. Hal ini merujuk kepada pengertian Pendidikan Kepramukaan merupakan proses pendidikan sepanjang hayat yang menggunakan tata cara Kreatif, rekreatif dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannnya, Melalui kegiatan yang menarik, Menyenangkan, tidak menjemukan, penuh tantangan, serta sesuai dengan bakat dan minatnya diharapkan kemantapan spritual, emosional, sosial, intelektual, fisik dan pengalaman peserta didik dapat berkembang baik dan terarah. (2) Bahwasanya pembina MAN Pamekasan sudah melakukan upaya implementasi Pendidikan Pramuka yaitu berupa dengan memberikan contoh disiplin yang baik dan selain itu juga sering sekali Pembina Pramuka memberikan pesan moral kepada Peserta didik untuk selalu disiplin baik itu disiplin waktu maupun disiplin ilmu. (3) Faktor yang memepengaruhi bentuk penerapan pendidikan Pramuka terhadap kedisiplinan disini faktornya antara lain lingkungan, karena jika lingkungan yang ditempati sudah tidak mengajarkan kedisiplinan maka anak tidak akan disiplin.
Tidak tersedia versi lain