Text
Peran Aktif Orang Tua Pada Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Ulum Waru Timur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Suhairiyah 2014, peran aktif orang tua pada proses pembelajaran anak membaca al-Qur’an di MI Darul Ulum Waru Timur Kecamatan War Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing; H. Muhammad Hasan M.Ag.
Kata Kunci: peran aktif orang tua, proses pembelajaran anak membaca al-Qur’an
Dalam penelitian ini Terdapat tiga fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimanakah Peran Aktif Orang Tua Pada Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Ulum Waru Timur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan? (2) Apa Sajakah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Aktif Orang Tua Pada Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Ulum Waru Timur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan? (3) Bagaimanakah Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an Setelah Adanya Peran Aktif Orang Tua Di MI Darul Ulum Waru Timur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan?, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan/menggambarkan semua yang menjadi fokus dalam penelitian tersebut.
Informan adalah kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa di MI Darul Ulum Waru Timur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Sedangkan prosedur pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data ini berlangsung mulai tanggal 01 Jnuari - 30 Maret 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (uraian).
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, Peran Aktif Orang Tua Pada Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an, adanya dukungan dari orang tua dalam kelancaran anak membaca al-Qur’an, adanya pengecekan kemampuan anak dari orang tua di rumah masing-masing, tersedianya waktu yang bagi siswa yang belum paham atau mengerti, mengetahui kemampuan anak yang mau diajarkan membaca al-Qur’an, mengetahui kesulitan belajar yang dialami anak. Kedua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Aktif Orang Tua Pada Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an, diantaranya: tidak adanya kesempatan orang tua untuk mengontrol kemampuan membaca al-Qur’an pada anaknya, anak mudah terpengaruh dengan temannya yang tidak serius dalam mengindahkan saran orang tua, minimnya buku panduan yang tersedia di lembaga serta minimnya kemauan anak untuk belajar membaca al-Qur’an di rumah, tidak bisanya orang tua memasuki kelas untuk menegur anaknya, kurangnya kontrol aktif dari orang tua pada anaknya di rumah. ketiga, Bagaimanakah Proses Pembelajaran Anak Membaca Al-Qur’an Setelah Adanya Peran Aktif Orang Tua, cepat tanggap dalam menerima suatu mata pelajaran, setelah adanya peran aktif orang tua pada proses pembelajaran anak membaca al-Qur’an anak dapat berpikir posistif dan membuat pertimbangan dengan akalnya melalui pemahaman membaca al-Qur’an,setelah adanya peran aktif orang tua pada proses pembelajaran anak membaca al-Qur’an anak dapat lancar membaca al-Qur’an secara baik dan benar lagi bertajwid.
Tidak tersedia versi lain