Text
Penerapan Strategi Antar Jemput Dana Simpanan Deposito Mudharabah Dalam Membangun Loyalitas Nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan
ABSTRAK
Muntaha, 2014, Penerapan Strategi Antar Jemput Dana Simpanan Deposito Mudharabah Dalam Membangun Loyalitas Nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan, Jurusan Syariah Dan Ekonomi Program Studi Perbankan Syariah, Pembimbing: Achmad Mulyadi, M.Ag.
Kata Kunci : Strategi Antar Jemput, BPRS SPM Pamekasan
Di dunia modern, peran bank sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hampir semua sektor usaha, yang meliputi sektor industri, perdagangan, pertanian, perkebunan jasa, dan perumahan sangat membutuhkan bank sebagai mitra dalam melakukan transaksi keuangan. Dalam era perdagangan bebas seperti sekarang, perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Ketat itu, kekuataan persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan. Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan untuk mencapai target-target pemasaran produk bank di awal operasional adalah dengan melakukan pendekatan antar jemput (jemput bola). Tujuan dari setiap bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas.
Berdasarkan konteks di atas, maka ada dua fokus sebagai fokus penelitian, diantaranya adalah Pertama, Bagaimana PT. BPRS SPM Pamekasan menerapkan strategi antar jemput untuk mendapatkan nasabah di masyarakat. Kedua, Bagaimana upaya PT. BPRS SPM Pamekasan menerapkan strategi antar jemput dana simpanan deposito mudharabah untuk membangun loyalitas nasabah.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, , dan teknik dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa strategi antar jemput yang diterapkan oleh PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu pertama, marketing mendatangi nasabah dalam rangka menghimpun dana baru dan juga pengisian formulir, langkah yang kedua para marketing kembali lagi ke kantor dalam rangka penyetoran dan falidasi slip penyetoran, dan langkah yang ketiga adalah para marketing kembali lagi kepada nasabah dalam rangka pengembalian buku tabungan.
Sedangkan untuk saran, peneliti menyarankan terhadap semua karyawan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Untuk mengembangkan strategi antar jemput yang sudah ada, terutama kepada karyawan bagian marketing baik itu funding (penghimpun dana) maupun kepada lending (penyaluran dana). Sehingga banyak elemen masyarakat lebih tertarik untuk menabung atau mendepositokan hartanya di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain