Text
Meningkatkan Mutu Pelayanan Dalam Usaha Menghimpun Dana Masyrakat Pada PT. Bank Jatim Syariah Cabang Sampang
ABSTRAK
Herman Sugiyanto, 2014, Meningkatkan Mutu Pelayanan Dalam Usaha Menghimpun Dana Masyrakat Pada PT. Bank Jatim Syariah Cabang Sampang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Syariah dan Ekonomi, Pembimbing: Farid Firmansyah , SE., MM.
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Usaha Menghimpun Dana.
Kehadiran perbankan syariah sekarang ini, menjadi sebuah energi baru dalam pembangunan ekonomi dunia tidak terkecuali indonisia.sehingga pertumbuhan perbankan syariah terlihat sangat pesat sekali. Perkembangan dan pertumbuhan perbankan syariah menurut statistik Bank Indonesia setiap tahunnya tumbuh antara 40-45 persen per tahun. Perkembangan yang pesat tersebut, tentunya karena didukung oleh berbagai kreasi konsep tentang produk-produk perbankan yang sangat bervariasi, bagaikan yang ada pada perbankan syariah tersebut. Akan tetapi kreasi produk tersebut, masih dipandang perlu dikritisi dan dianalisis lebih jauh melalui perspektif fikih (hukum Islam).
Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi pokok dalam penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana pelayanan dalam menghimpun dana masyarakat pada PT. Bank Jatim Syariah Kabupaten Sampang? Dan yang kedua Bagaimana upaya PT. Bank Jatim Syariah dalam meningkatkan mutu pelayanan pada usaha menghimpun dana masyarakat?
Tujuan pada penelitian ini yang pertamauntuk mengetahui Pelayanan Dalam Menghimpun Dana Masyarakat Pada PT. Bank Jatim Syariah Kabupaten Sampang. Dan yang kedua untuk mengetahui upaya PT. Bank Jatim Syariah dalam meningkatkan mutu pelayanan pada usaha menghimpun dana masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya nasabah dan karyawan Bank. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh Bank Jatim Syariah Cabang Pembantu Sampang untuk meningkatkan pelayanannya antara lain : (1) Memberikan pelayanan dengan tingkat profesionalisme yang tinggi. (2) Menerapkan level pelayanan. (3) Membuat program khusus untuk nasabah setia. (4) Memberikan pelatihan dan keterampilan berkaitan dengan produk. (5) Memberikan penghargaan kepada nasabahtertentu dan juga hadiah. (6) Menempatkan personil yang lebih berdedikasi untuk menangani nasabah tertentu. (7) Mempercepat pelayanan. (8) Memberikan informasi secara berkala kepada para nasabah.
Tidak tersedia versi lain