Text
Pelayanan Bank Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan
ABSTRAK
Trisno Wahyudi, 2014, Pelayanan Bank Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Syariah dan Ekonomi, Pembimbing: Rudy Haryanto, SST., MM.
.
Kata Kunci: Pelayanan, Meningkatkan Jumlah Nasabah, BPRS Sarana Prima Mandiri.
Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang jasa, BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, tujuan utama dalam kegiatan perbankan adalah memberi pelayanan yang prima terhadap para nasabahnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap apa yang diharapkan oleh masyarakat dan juga untuk menjaga loyalitas masyarakat sebagai nasabah bank BPRS SPM Pamekasan ini. Untuk itulah PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan harus bisa meningkatkan pelayanannya dari waktu ke waktu bisa menjaga loyalitas nasabahnya. Karena keberlangsungan usaha perbankan ada pada kesetiaan nasabah terhadap lembaga tersebut.Apabila nasabah sudah meninggalkan lembaga perbankan ini, maka bank tidak bisa lagi melanjutkan usahanya.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan bank dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan?Apa saja upaya yang dilakukan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan dalam usaha meningkatkan jumlah nasabah? Dan bagaimana kontribusi pelayanan dalam peningkatan jumlah nasabah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi Informannya adalah manajer atau karyawan dan nasabah BPRS SPM.Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan pemeriksaan sejawat melalui diskusi, ketekunan pengamatan dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan BPRS SPM bersifat tangible, yaitu jasa yang diberikan bisa dilihat konsumen berupa tampilan fisik dan fasilitas fisik lainnya. Sifat empatidan cepat tanggap juga ditunjukkan oleh karyawan dalam menjalani nasabah sera bisa diandalkan dan penuh kepastian. Upaya yang dilakukan BPRS SPM untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan melakukan promosi keberbagai tempat dan melakukan inovasi produk. Kontribusi pelayanan terbukti meningkatkan jumlah nasabah. Dengan pelayanan yang diberikan BPRS SPM selama ini, nasabah funding bertambah dari tahun ke tahun dengan penambahan yang signifikan.
Tidak tersedia versi lain