Text
Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Syariah Amanah Pamekasan
ABSTRAK
Chairil Anwar 2014, Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Syariah Amanah Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Syari’ah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing H. Moh. Zahid, M.Ag
Kata kunci : Keragaman Produk dan Kepuasan Anggota Koperasi
Keragaman produk dalam koperasi sangatlah berhubungan terhadap ketertarikan anggota dalam memilih koperasi. Pada umumnya anggota memilih koperasi yang lebih mengedepankan kepuasan anggota seperti halnya adanya keberagaman produk serta pelayanan yang baik dan transparan, karena pada prinsipnya koperasi adalah untuk membantu kesejahteraan anggota dalam bentuk gotong royong. Dengan adanya keragaman produk yang baik maka akan banyak anggota yang tertarik pada koperasi tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama, Untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan keragaman produk terhadap kepuasan anggota Koperasi Syariah Amanah Pamekasan Kedua, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keragaman produk terhadap kepuasan anggota Koperasi Syariah Amanah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah analisis regresi linear berganda yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh keragaman produk koperasi terhadap kepuasan koperasi di Koperasi Syariah Amanah Pamekasan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Dengan objek penelitian, yaitu Koperasi Syariah Amanah Pamekasan.
Dari hasil koefisien regresi yang didapat menunjukkan faktor faktor kualitas produk (β3 = 0,551) menjadi faktor terbesar yang mempengaruhi kepuasan anggota, faktor variasi produk (β2 = 0,549), sementara faktor nama produk (β1 = 0,177) merupakan faktor terendah yang mempengaruhi kepuasan anggota sedangkan hasil perhitungan dan pengujian statistik secara simultan dengan metode regresi multiple yang menggunakan SPSS menghasilkan R square sebesar 0,865 atau 86,5%. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi atau pengaruh variabel independent (keragaman produk (berdasarkan kelengkapan produk, merek produk, variasi produk dan kualitas produk) mengenai koperasi syariah) terhadap variabel dependent (kepuasan anggota) adalah sebesar 86,5%, sementara sisanya sebesar 13,5%. Dipengaruhi variabel lain.
Tidak tersedia versi lain