Text
Strategi Manajemen Pembelajaran pada Kelas Unggulan di MTs Al-Falah Desa Dempoh Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Ali Kurdi, 2013. Strategi Manajemen Pembelajaran pada Kelas Unggulan di MTs Al-Falah Desa Dempoh Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Buna’i, S.Ag, M.Pd
Kata Kunci: Strategi manajemen Pembelajaran, Kelas Unggulan
Skripsi ini membicarakan masalah Strategi Manajemen Kelas Unggulan di MTs Al-Falah Desa Dempoh Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Ada empat permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Petama,Bagaimana perencanaan pembelajaran pada kelas unggulan di MTs Al-Falah, Kedua Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada kelas unggulan di MTs Al-Falah,KetigaBagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran pada kelas unggulan di MTs Al-Falah,Keempat Bagaimana hambatan dan solusi alternatif yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam penyelenggaraan strategi manajemen pembelajaran pada kelas unggulan di MTs Al-Falah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis analisis deskriptif. Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui interview, observasi dan analisis dokumentasi. Adapun informan atau subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas dan siswa.Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan peneliti dan observasi mendalam. Dari hasil penelitian dapat di paparkan bahwa: Pertama,Kelas unggulan yang dicanangkan, telah memenuhi kriteria yang cukup sesuai, karena para guru yang ada sebelum melaksanakan tugas pengajaran, mereka telah menentukan SKKD, Selain itu, guru menyiapkan materi pelajaran berdasarkan prota dan promes yang sudah di rancang sebelumnya dan di sesuaikan dengan kebutuhan situasi dan kondisi yang ada, guru melakukan pemilihan perencanaan penggunaan media belajar, disamping itu, materi dan pemilihan media belajar, guru juga melakukan kegiatan perencanaan kegiatan pembelajaran dengan cara mempersiapkan kegiatan evaluasi belajar dilakukan dengan cara berkala.
Kedua, pelaksanaan pembelajaran pada kelas unggulan di MTs Al-Falah guru juga menyampaian materi pembelajaran atau aplikasi perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan cara membuat siswa lebih aktif dengan memberikan suatu tema untuk memancing daya kreativitas berfikir siswa.Terkait dengan metode yang digunakan, maka guru menggunakan metode yang sangat bervariasi dan beragam, seperti metode brain storming, power of group, diskusi, ceramah dan penugasan untuk pengayaan materi pelajaran.Pelaksanaan kegiatan pembelajaran ini digunakan dengan menggunakan penyampaian materi pelajaran, penyesuaian metode belajar serta penggunaan media belajar yang disesuaikan dengan materi pembelajaran.
Ketiga, Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada kelas unggulan di MTs Al-Falah tersebut, tehnik penilaian yang dilakukan oleh para guru merupakan hal yang penting untuk diketahui, karena kegiatan pemilihan tehnik pembelajaran merupakan hal yang bisa dijadikan pijakan untuk perbaikan pembalajran kedepannya, disamping itu,tehnik evaluasi yang dilakukan para guru berhubungan dengan tiga kompetensi yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif.Kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh madrasah merupakan suatu upaya untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai selama beberapa waktu sebelumnya.
Keempat, Hambatan pelaksanaan kegiatan belajar siswa kelas unggulan di MTs Al-Falah adalah banyaknya siswa yang mengeluh karena terlalu banyaknya jam pelajaran yang menyebabkan jam istirahat mereka jadi berkurang dan tanaganya terforsir untuk kegiatan belajar dan untuk menyelesaikan persoalan tersebut diantaranya adalah dengan membuat para siswa itu senang dalam mengikuti kegiatan belajar, melakukan refresingserta menggunakan metoe bermain, kerja sama dengan para penebit buku yang lain untuk meperkaya bahan pelajaran.
Sehingga dengan demikian, di harapkan dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik di MTs Al-Falah dan juga para pembaca untuk 1) melaksanakan kegiatan pendidikan dengan mempertimbangkan manajemen atau format pengelolaan yang porposional dan optimal, 2) Melakukan pengelolaan program sekolah unggulan dengan mengadakan kerja sama yang terpadu dengan para tokoh masyarakat dan lingkungan sekitar lembaga. 3) Kondisi kesehatan siswa hendaknya diperhatikan, sehingga mereka dapat belajar dengan baik.
Tidak tersedia versi lain