Text
Desain Pembelajaran PAI Berbasis Konstruktivisme di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan
ABSTRAK
Moh Sa’id, 2013, Desain Pembelajaran PAI Berbasis Konstruktivisme di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan, Skripsi, Progam Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembingbing; Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag
Kata kunci: Desain Pembelajaran, Konstruktivisme.
Dalam dunia pendidikan tak terlepas dari namanya guru, peserta didik dan materi pelajaran. Murid dan meteri pelajaran ini di kelola sepenuhnya oleh guru, sebab guru merupakan ujung tombak terjadinya perubahan dari belum bisa menjadi bisa, dari belum ngarti menjadi ngarti, ini semua dari berkat guru. Agar dalam proses pembelajaran itu tidak hanya guru yang berperan aktif di dalam kelas maka proses pembelajaran itu dapat diorentasikan pada desain pembelajaran yang berbasis konstruktivisme. Adapun desain pembelajaran merupakan tata cara yang dipakai dalam proses pembelajaran. Sendangkan konstruktivisme merupakan pembelajaran yang menekankan pada peran aktif siswa dalam membangun pemahaman.
Oleh karena itu kami dapat mengfokuskan tiga fokos yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, persiapan guru dalam mendesain pembelajaran PAI berbasis konstruktivisme di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan. yang mana persiapan yang dilakukan oleh guru agama adalah menguasai materi, mitode serta mendesain materi PAI terlebih dahulu atau merancang materi. Setelah materi itu di desain maka di berikan kepada semua murid. agar di pelajari dirumahnya atau dapat dipahami, baik itu belajar kelompok atau belajar sendiri. Kedua, pelaksanaanya guru dalam mendesain pembelajaran PAI berbasis konstruktivisme di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan. Adapun pelaksanaanya guru dalam mendesain PAI berbasis konstruktivisme, guru meminta kepada salah satu siswa untuk menjelaskan materi yang telah di tentukan terlebih dahulu, setelah ada beberapa murid yang menjelaskan maka guru meluruskan terhadapa apa yang di jelaskan oleh murid. Ketiga, faktor pendukung terlaksananya desain pembelajaran PAI berbasis konstruktivisme di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan. Adapun faktor pendukungnya karena guru agama sudah mengetahui terhadap kemampuan siswa dalam memahami pelajaran agama, serta siswa sangat meminati terhadap pelajaran agama.
Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa-siswi yang melaksanakan desain pembelajaran PAI berbasis konstruktivisme di SMP Miftahul Falah Kadurr Pamekasan. Sedangkan Kepala sekolah sebagai data sekunder. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru serta murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan melalui diskusi.
Tidak tersedia versi lain