Text
Kontribusi Pendidikan Agama Islam Pada Peningkatan Kepribadian Siswa Di Sekolah Menengah Pertama 1 Tlanakan
ABSTRAK
ABU YAMIN 2013, Kontribusi Pendidikan Agama Islam Pada Peningkatan Kepribadian Siswa Di Sekolah Menengah Pertama 1 Tlanakan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
KATA KUNCI : Pendidikan Agama Islam, Peningkatan Kepribadian Siswa.
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pemacu bagi siswa dalam mengembangkan kepribadian mereka, baik sebagai bekal awal ketika mereka hidup di bangku Sekolah Dasar, Menengah, dan bahkan sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan ketika mereka berkecimpung di Masyarakat luas. Sudah barang tentu keperibadian perlu ditanamkan sedini mungkin, karena memang hal itu merupakan langkah-langkah awal yang sangat penting dalam rangka memperkenalkan perilaku-perilaku, etika sopan-santun yang baik kepada mereka.
Berkenaan dengan hal ini, maka penulis ingin meneliti hal tersebut dengan mengetengahkan judul “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Pada Peningkatan Kepribadian Siswa Di Sekolah Menengah Pertama 1 Tlanakan”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh jawaban tentang bagaimana sebenarnya peran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepribadian siswa khususnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tlanakan.
Adapun fokus penelitian yang menjadi target peneliti meliputi: pertama, Bagaimana Kontribusi Pendidikan Agama Islam Pada Peningkatan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tlanakan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tlanakan. Ketiga, Apa saja upaya yang dilakukan Sekolah dalam meningkatkan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tlanakan.
Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pentingnya Pendidikan Agama Islam pada peningkatan kepribadian siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tlanakan ini. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian Deskriptif, yang bersifat menggambarkan, menguraikan sesuatu yang menurut apa adanya yang hal itu bisa berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan hasil bahwa: 1) Pendidikan agama Islam sangat membantu siswa dalam meningkatkan keperibadian peserta didik, salah satunya dengan cara menampilkan 5-S, yakni senyum, salam, sapa, sopan dan santun kepada siapapun yang ada disekitarnya, sehingga mereka Nampak santun, serta ramah kepada siapapun yang ada di sekitar mereka, baik itu Guru, atau Teman-temannya sendiri. 2) Salah satu faktor yang menjadi pendukung adalah menanamkan kepribadian siswa yang menyangkut pengembangan diri siswa untuk masa depan dan juga guru mata pelajaran menyisipkan beberapa materi pelajaran agama untuk membangun kepribadian siswa. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah terbatasnya Fasilitas sekolah yang ada di lembaga tersebut. 3) Upaya sekolah dalam meningkatkan kepribadian anak adalah dengan Memaksimalkan proses belajar mengajar pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa di kelas, serta menyempurnakannya dengan praktik dan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan pada bulan tertentu seperti Pondok Ramadhan.
Tidak tersedia versi lain