Text
Pola kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan pendidikan di MI Nurus Shibyan Desa Ambat Keca. Tlanakan Kab. Pamekasan
ABSTRAK
Shaleh Bakri Muhammady 2013, Pola kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan pendidikan di MI Nurus Shibyan Desa Ambat Keca. Tlanakan Kab. Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Drs H. Saiful Arif. M.Pd
Kata kunci : Pola kepemimpinan kepala madrasah dan Pengelolaan Pendidikan
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah pola kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shibyan Desa Ambat Keca. Tlanakan Kab. Pamekasan? (2) Faktor yang mempengaruhi pola kepemimpinan kepala madrasah di madrasah ibtidaiyah Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Kabupaten Pamekasan?
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendiskripsikan bagaimana pola kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan pendidikan di MI Nurus Shibyan Desa Ambat Keca. Tlanakan Kab. Pamekasan (2) Mendiskripsikan Faktor yang mempengaruhi pola kepemimpinan kepala madrasah di madrasah ibtidaiyah Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola kepemiminan kepala madrasah dalam pengelolaan pendidikan di MI Nurus Shibyan Desa Ambat Keca. Tlanakan Kab. Pamekasan dilakukan dengan demokratis, karena dalam kepemimpinannya ketransparanan, kerja sama yang baik pembagian tugas Job Diskription, dan menjalin hubungan yang positif antaraatasan dan bawahan (guru dan staf-staf yang lainnya (2) Faktor yang mempengaruhi pola kepemimpinan kepala madrasah di madrasah ibtidaiyan Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Kabupaten Pamekasan (a) kepala sekolah didukung karena kualifikasi akademik (berijazah S1). (b) Kepala sekolah dalam kepemimpinannya didukung oleh pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari pendidikan dan latihan, work sop, dan juga karena berwibawa . (c) dan dalam memimpin kepala sekolah melibatkan semua komponen yang ada (kepela sekolah, guru, dan staf-stafnya, bahkan dengan komite dan ketua yayasan)
Tidak tersedia versi lain