Text
PENGARUH PENILAIAN BERBASIS KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SDN SEDDUR 2 PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAKSI
Hafifah, 2013. Pengaruh Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Study Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan. Pembimbing: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah, HAR, M.Ag.
Kata Kunci: Penilaian Berbasis Kelas, Hasil Belajar Siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua macam, yakni, (1) Adakah Pengaruh Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan, dan (2) Seberapa besar Pengaruh Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang: (1) Adanya Pengaruh Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan, (2) besarnya Pengaruh Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan berjumlah 169 siswa sebagai populasi dan sebagai sampelnya adalah siswa kelas VI yang berjumlah 36 siswa dengan menggunakan sistem Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah; observasi, interview, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan dengan kategori tinggi. Hal itu terbukti dari hasil analisis data, bahwa nilai r kerja 0,915 lebih besar dari pada nilai r tabel product moment, dimana pada db = 35 dalam interval kepercayaan 5% diperoleh nilai sebesar 0,325 dan nilai interval kepercayaan 1% diperoleh nilai sebesar 0,418. Demikian juga nilai r hitung sebesar 0,915 berada pada rentangan angka antara 0,800 sampai 1,000 dengan interpretasi tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka hendaknya guru-guru SDN Seddur 2 Pakong Pamekasan, dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan baik dan menjaga prestasi yang telah dicapainya, diharapkan juga guru selalu mengadakan penilaian baik post test ataupun pre-test, sehingga guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah dijelaskan sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan baik.
Tidak tersedia versi lain