Text
Pengaruh Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Siswa SMK Al-Baisuqi Desa Banyu Kapah Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang
A B S T R A K
Ilham Deni Wahyudi. 2013. Pengaruh Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Siswa SMK Al-Baisuqi Desa Banyu Kapah Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: R. Taufiqurrahman, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Agama dalam Keluarga, Sikap Keagamaan Anak.
Pendidikan agama dalam keluarga memiliki peran yang sangat penting, mengingat bahwa pengalaman-pengalaman keagamaan yang dialami anak pada masa anak-anak hingga masa remaja, dimana pada masa remaja adalah masa yang tidak stabil. Masa remaja merupakan masa transisi dari perkembangan masa kanak-kanak menuju masa dewasa, sebagaimana yang dikatakan oleh Zakiyah Daradjat bahwa ”Umur remaja adalah umur peralihan dari kanak-kanak menjelang dewasa, yang merupakan masa perkembangan terakhir dari pembinaan kepribadian atau masa persiapan untuk memasuki umur dewasa”.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Ada-tidaknya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap sikap keagamaan siswa SMK Al-Baisuqi Desa Banyu Kapah Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang dan (2) Seberapa besar pengaruh pendidikan agama dalam keluarga tersebut terhadap sikap keagamaan siswa SMK Al-Baisuqi Desa Banyu Kapah Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang.
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian “survei korelasional” dengan menggunakan pendekatan statistik-kuantitatif. Ada 64 anak didik yang menjadi responden penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus statistik Product Moment.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga memiliki pengaruh positif terhadap terhadap sikap keagamaan siswa SMK Al-Baisuqi Desa Banyu Kapah Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang pada tahun pelajaran 2012/2013. Hal itu diketahui berdasarkan perbandingan antara r kerja dengan r tabel harga bahwa ternyata r kerja lebih besar daripada r tabel harga kritik, yaitu yaitu 0,696 > 0,317. Dengan demikian, hipotesis kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nihil (H0) ditolak. (2) Setelah menggunakan rumus r tabel product moment diketahui bahwa: pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga memiliki “pengaruh yang cukup” terhadap sikap keagamaan siswa SMK Al-Baisuqi Desa Banyu Kapah Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang pada tahun pelajaran 2012/2013 pada tahun pelajaran 2012/2013.
Tidak tersedia versi lain