Text
Penerapan Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Tanjung I Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Sayumna, 2013, Penerapan Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Tanjung I Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Siswanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Jigsaw, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Belajar aktif merupakan langkah cepat, menyenangkan, mendukung dan secara pribadi menarik hati. Karena sering kali siswa tidak hanya terpaku di tempat duduk mereka tetapi berpindah-pindah dan dituntut untuk berfikir keras. Banyak metode pembelajaran aktif yang ditawarkan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah metode jigsaw dimana metode ini merupakan salah satu metode active learning yang melibatkan setiap anggota kelompoknya untuk menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya. Untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman seluruh anggota sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,, yaitu: pertama, bagaimana penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Tanjung I Pademawu Pamekasan; kedua, apa saja kendala penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Tanjung I Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan anggota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerpan metode jigsaw dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Tanjung I Pademawu sudah diterapkan dengan baik khususnya pada bagian materi yang mempunyai banyak bagian sub bahasan. Kedua, ada beberapa kendala dalam penerapan metode jiigsaw ini diantaranya, (1) perbedaan persepsi dalam memahami suatu konsep, (2) sulit meyakinkan siswa untuk mampu berdiskusi menyampaikan materi pada teman, (3) butuh waktu yang lama untuk mengenali tipe-tipe siswa, (4) butuh waktu lama dan persiapan matang sebelum model pembelajaran ini bisa berjalan dengan baik.
Agar penerapan metode jigsaw ini dapat berjalan secara efektif dan optimal maka diperlukan persiapan yang matang untuk menguasai metode ini, selain itu guru perlu memberikan perhatian, pengawasan, serta guru harus benar-benar mengetahui karakterisktik/ tipe siswanya.
Tidak tersedia versi lain