Text
Pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Ahmad Sunandar, 2013, Pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Fakultas Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Atiqullah, M.Pd.
Kata kunci: Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini diantaranya yaitu; pertama adakah pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan.
Populasi penelitian adalah siswa di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan sebanyak 55 siswa. Karena jumlah populasinya kurang dari 100 orang maka dilaksanakan Population research atau penelitian populasi. Dalam penelitian menggunakan instrumen pengumpulan data diantaranya; observasi, angket, pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan dalam menganalisis data adalah teknik statistik dengan rumus product moment.
Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa setelah r kerja dikonsultasikan dengan nilai kritik product moment pada N = 55 dengan nilai kontrol taraf signifikansi 99% = 0,345, dan taraf signifikansi 95% = 0,266 ternyata r kerja (0,617) lebih besar dari harga kritik product momentnya. Dengan demikian maka dapat dikatakan ada korelasi positif antara kedua variabel penelitian tersebut. Dengan kata lain, hipotesa nihil menyatakan “Tidak ada pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan”, ditolak. Dengan ditolaknya hipotesa nihil berarti hipotesa kerja yang menyatakan; “ada pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan”, diterima kebenarannya.
Untuk mengetahui besar kecilnya hubungan antara kedua variabel tersebut r kerja dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi product moment, dimana r kerja berada pada rentangan nilai antara 0,600 sampai dengan 0,800, yang berarti korelasi atau urgensi kedua variabel berada pada taraf signifikansi yang cukup atau sedang.
Dengan demikian dapat disarankan kepada semua pihak untuk mengefektifkan manajemen kelas yang semakin tertata rapi sehingga proses belajar mengajar pendidikan agama Islam di MTs. Mardhotillah Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, perlu semakin ditingkatkan semakin efektif.
Tidak tersedia versi lain