Text
Korelasi Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)terhadap Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Hairunnisa’, 2013, Korelasi Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)terhadap Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing:H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Fenomena guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang bersangkutan memberikan materi yang sistematis, keterampilan mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sangat membantu guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum dalam menerapkan RPP Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan efektif.
Rumusan masalahdalam penelitian ini yaitu: pertama, adapenerapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?, kedua,seberapa besarkorelasi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasinya adalah sebanyak 10 guru.Teknik yang digunakan stratified proporsional random sampling.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaadakorelasi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)terhadapkeberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Hal ini dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari pada harga kritik “r” product moment, baik pada taraf signifikansi 95%, maupun pada taraf signifikansi 99%. Hasil “r” hitung adalah 0,884, sedangkan harga kritik “r” product moment dengan N sebanyak 10 guru pada taraf signifikansi 95% = 0,632, sedangkan pada taraf signifikansi 99% = 0,765.Korelasi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)terhadap keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasanadalah tinggi. Hal ini yang diketahui setelah “r” hitung dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”. Diketahui bahwa hasil “r” hitung adalah 0,884. Bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”, maka nilai hasil tersebut bergerak antara 0,800 sampai dengan 1,000 dengan interpretasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain