Text
Pengaruh Kerjasama Orang Tua dengan Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan
ABSTRAK
Bahrul Ulum Efendi. 2013. Pengaruh Kerjasama Orang Tua dengan Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. H.M. Rasyid Ridla, M.Ag.
Kata Kunci: Penggunaan RKH, Prestasi Belajar Siswa.
Rencana Kerja Harian (RKH) merupakan penjabaran dari Rencana Kegiatan Mingguan (RKM). RKH ini memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun kalsikal dalam satu hari. Perencanaan yang matang akan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Jika pembelajaran tersebut berjalan secara terarah, maka tujuan pembelajaran akan mudah terwujud, sehingga dapat membantu anak didik meraih prestasi belajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud menguji pengaruh penggunaan RKH terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Ada-tidaknya pengaruh pengaruh penggunaan Rencana Kegiatan Harian (RKH) guru terhadap prestasi belajar anak didik di TK Raudlatul Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan, dan (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan Rencana Kegiatan Harian (RKH) guru terhadap prestasi belajar anak didik di TK Raudlatul Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan.
Penelitian ini dirancang dengan penelitian “survei korelasional”. Ada 21 anak didik yang menjadi responden penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus statistik Product Moment.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penggunaan rencana kegiatan harian (RKH) memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Raudlatul Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan pada tahun pelajaran 2012/2013. Hal itu diketahui berdasarkan perbandingan antara r kerja dengan r tabel harga bahwa ternyata r kerja lebih besar daripada r tabel harga kritik, baik pada interval kepercayaan 95% ataupun pada interval kepercayaan 99%, yaitu 0,783 > 0,433 atau 0,783 > 0,549. Dengan demikian, hipotesis kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nihil (H0) ditolak. (2) Penggunaan rencana kegiatan harian (RKH) memiliki tingkat “pengaruh yang cukup” terhadap prestasi belajar anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Raudlatul Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan pada tahun pelajaran 2012/2013. Hal itu diketahui setelah menginterpretasi hasil r kerja sebesar 0,783 yang ternyata bergerak diantara rentangan nilai 0,600 sampai 0,800.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hendaknya guru semakin mengefektifkan penggunaan RKH sesuai dengan situasi belajar serta kebutuhan belajar siswa agar sasaran yang diinginkan dapat tercapai
Tidak tersedia versi lain