Text
Penerapan Remidial Teching Pada Pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Annibron Karang Budi Gapura Sumenep
ABSTRAK
Gani, Abdul. 2013, Penerapan Remidial Teching Pada Pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Annibron Karang Budi Gapura Sumenep Skripsi. Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Fathol Haliq, M.SI.
Kata Kunci: Penerapan Remedial Teaching , Al-Qu’an Hadits
Dalam usaha meningkatkan proses pembelajaran al-Qur’an Hadits kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan remedial teaching di Madrasah Ibtidaiyah Annibron Gapura Sumenep. Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang diangkat skripsi ini, (1) bagaimana penerapan remedial teaching pada mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Annibron Gapura Sumenep? (1) Faktor-faktor apa yang menghambat penerapan remedial teaching pelajaran Qur’an Hadits? dan (3) bagaimana usaha yang ditempuh oleh guru mata pelajaran Qur’an Hadits dalam mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan remedial teaching di Madrasah Ibtidaiyah Annibron Gapura Sumenep?
Penelitian penerapan remedial teaching dalam pembelajaran Qur’an Hadits ini, dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana penerapan remedial teaching di Madrasah Ibtidaiyah Annibron Gapura Sumenep. Dengan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Analisis deskriptif dengan cara observasi, wawancara, dan dokomentasi yang dilakukan mulai 20 Januari sampai 20 Maret 2013.
Penelitian ini menemukan (1) penerapan remedial teaching pelajaran al-Qur’an Hadits yang berusaha membantu siswa dalam pencapai hasil prestasi belajar secara maksimal, siswa secara keseluruhan berjumlah 74 siswa, siswa yang ikut dalam pelaksanaan remedial teaching berjumlah 10 siswa, karena remedial teaching ini fokus terhadap siswa yang kurang dalam mencapai nilai yang sudah ditentukan oleh guru al-Qur’an Hadits. Sedangkan nilai sebelumnya 5,6 setelah diadakan remedial teaching maka nilai yang dicapai siswa yang di remedi mendapat nilai 7,5. (2) Penghambat remedial teaching antara lain: (a) latar belakang siswa (b) masalah materi dan (c) kurangnya referensi. (3) usaha yang dilakukan guru al-Qur’an Hadits antara lain adalah (a) memberikan waktu bimbingan (b) memberikan saran (c) memberikan pengarahan dan penilaian.
Tidak tersedia versi lain