Text
Penggunaan Media PembelajaranInteraktifDalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SekolahDasarNegeriLaranganDalam II Kec. LaranganKabPamekasan
ABSTRAK
Djamaludin, 2013.Penggunaan Media PembelajaranInteraktifDalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SekolahDasarNegeriLaranganDalam II Kec. LaranganKabPamekasan,Skripsi, JurusanTarbiyah, Program StudiPAI. Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Media PembelajaranInteraktif, Pendidikan Agama Islam
Terdapat tiga masalah yang menjadi focus penelitian ini yaitu Pertama, Bagaimanakah penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDN Larangan Dalam II Kec.Larangan Kab.Pamekasan? Kedua,Kendala apasajakah yang terjadi dalam penggunaan media pembelajaraninteraktifdalampembelajaran PAI di SDN Larangan Dalam II Kec. LaranganKab.Pamekasan? Ketiga, Usaha apasajakah yang dilakukan oleh guru agama dalam mengatasi kendala penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDN LaranganDalam II Kec. Larangan Kab.Pamekasan?.Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDN Larangan Dalam II Kec.LaranganKab.Pamekasan. Kedua mendeskripsikan kendala yang terjadi dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDN Larangan Dalam II Kec.Larangan Kab.Pamekasan. Ketiga, mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru agama dalam mengatasi kendala penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDN Larangan Dalam II Kec.LaranganKab.Pamekasan.
Dengan menggunakan pendekatan kualitatif.teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru agama dan sebagian guru SDN Larangan Dalam II, penelitian ini menemukan: pertama, Guru agama Islam di SDN Larangan Dalam II masih belum akrab dengan istilah media pembelajaran interaktif, tetapi telah mengenal dengan baik istilah media pendidikan dan berbagai jenisnya serta telah menerapkannya dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam sesuai dengan tuntutan dan amanah kurikulum. Kedua, Kendala yang terjadi dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDN Larangan Dalam II Kec.Larangan Kabupaten Pamekasan adalah karena ketidak mampuan guru agama dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir. Guru merasa lebih mantap menggunakan media pembelajaran yang sederhana dan lebih praktis, bahka ncenderung mempraktikkannya secara langsung. Ketiga, Guru pendidikan agama Islam di SDN LaranganDalam II berusaha mengatasi kendala penggunaan media pembelajaran interaktif dengan berusaha memahami bahwa media hanya sebagai alat bantu, berusaha menggunakan secara maksimal media sederhana yang tersedia di sekolah dan berusaha menggunakan strategi pembelajaran yang beragam.
Tidak tersedia versi lain