Text
Pelaksanaan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Sekolah Dasar Islam al-Fahmiyah Teja Barat Pamekasan
ABSTRAK
Amiruddin, 2013. Pelaksanaan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Sekolah Dasar Islam al-Fahmiyah Teja Barat Pamekasan.Skripsi, JurusanTarbiyah, Program Studi PAI, SekolahTinggi Agama IslamaNegeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Har, M.Ag.
Kata Kunci:Belajar mandiri, Kreativitas belajar
Skripsi ini membicarakan masalahBelajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Sekolah Dasar Islam al-Fahmiyah Teja Barat Pamekasan, sehingga ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Petama, bagaimanapelaksanaanmetode belajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dan Keduahambatan dan solusi yang dilakukan dalam penerapan metode belajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, denganjenisanalisisdeskriptif.Pengumpulan data didapatolehpenelitimelalui interview, observasidananalisis dokumentasi.Adapuninformanatausubjekdaripenelitianiniadalahkepala madrasah, guru, dan siswa yang ada di lembaga al-Fahmiyah, sedangkanteknikyang digunakanuntukmengecekkredibilitas data dalam penelitian ini adalahperpanjangankehadiranpenelitidanobservasimendalam.
Dari hasil penelitian dapat dipaparkan pertama,pelaksanaanbelajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah 1) belajar mandiri sangat efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar, 2) bergantung kepada kemampuan para guru untuk mengelola, 3) menggunakan metode yang bervariatif agar siswa bisa belajar dengan senang.
Kedua, Hambatan dan solusi yang dilakukan dalam penerapan belajar mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah 1) SDM yang kurang bagus, 2) Minimnya kemampuan guru untuk kreatif, 3) kuranganyasarana dan prasarana pendidikan, 4) siswa yang tidak bisa baca tulis arab, 5) kesulitan menghafal tulisan arab, 6) kesulitan untuk mengingat lafal arab karena terkadang tidak mengerti artinya dan maksudnya.
Sedangkan solusi alternatif yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut diantaranya adalah 1) berupaya lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas pendidikan, 2) memberi pelatihan dan masukan atau rapat bersama, 3) berupaya untuk melengkapi persoalan sarana dan prasarana, 4) membimbing mereka para siswa lebih intensif, 5) lebih telaten lagi dalam melaksanakan pengajara, 6) Mereka para siswa yang ada dilatih untuk bisa menghafal secara perlahan.
Sehingga dengan demikian diharapkan, dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik di sekolah, praktisi pendidikan dan pembaca untuk 1) Bagi guru, dalam melaksanakan tugas pengajaran hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang profesional, 2) Penggunaan metode mengajar hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi dan kondisi, 3) Melakukan kegiatan pembelajaran dengan penuh keiklasan dan tanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain