Text
Profesi kiai dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah Desa Pangilen Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Alif Mahmudi 2006, Profesi kiai dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah Desa Pangilen Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Drs.H.MOH. ZAINI.MM.
Kata kunci : Profesi Kiai, Upaya, Peningkatan Pendidikan.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana aktivitas kiai dalam pelaksanaan pendidikan yang juga profesinya sebagai pengusaha di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah Desa Pangilen Kec.Sampang Kab.Sampang. kedua, langkah apa saja yang di lakukan oleh kiai sebagai pengusaha dalam upaya meningkatkan pendidikan di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah Desa Pangilen Kec.Sampang Kab.Sampang. ketiga, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan kendala dalam pelaksanaan pendidikan di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah Desa Pangilen Kec.Sampang Kab.Sampang.
Dalam penelitian ini pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif, pendekatan kualitatif di gunakan oleh peneliti karena peneliti ingin mengetahui fenomena yang berkembang di lapangan. Metode dalam pengumpualan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah Bahwa kiai yang mengelola pendidikan disini tidak hanya sebagai sentral utama/pendidik dari Madrasah tetapi juga sebagai pengawas dari seluruh kegiatan yang ada di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah. Pendidikan yang di kelola tersebut perlu di tingkatkan dengan di butuhkan sebuah langkah-langkah, langkah-langkah tersebut adalah bagaimana pendidikan yang ada di Madrasah Diniyah Zainul Hidayah tersebut harus lebih mengutamakan tempat, fasilitas dan juga sarana yang membantu siswa lebih produktif dan kreatif serta menjadi kekurangan dan kebutuhan hidup bagi mereka dalam menuntut ilmu selama mereka belajar di Madrasah tersebut. Faktor yang menjadi pendukung dan kendala dalam dalam pelaksanaan pembelajaran di madrasah tersebut banyak kendala-kendala yang menjadi faktor dalam memperhambat prosesnya belajar-mengajar. Dengan adanya semua kekurangan yang menjadi persoalan di madrasah tersebut bagaimana perlu di tingkatkan dari semua sistem yang menjadi ke utamaan dalam semua kekurangan yang ada di lembaga tersebut. Seperti : penambahan tenaga pengajar, memperkuat sistem administrasi untuk kebutuhan dana dalam meningkatkan pengelolaan di lembaga tersebut, dan memberikan sarana dan fasilitas yang nyaman terhadap terhadap murid-murid.
Tidak tersedia versi lain