Text
Pelaksanaan Tehnik Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Prodi PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Adi Mulyono, 2010, Pelaksanaan Tehnik Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Prodi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs.H. Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Tehnik Supervisi, Kunjungan Kelas.
Kunjungan kelas ini berfungsi sebagai alat untuk mendorong guru agar meningtkatkan cara mengajar guru dalam kelas bersama siswa. Kunjungan ini dapat memberi kesempatan bagi guru untuk mengungkapkan pengalamannya sekaligus sebagai usaha untuk memberikan rasa mampu pada guru. Karena guru dapat belajar dan memperoleh pengertian secara moral bagi pertumbuhan kariernya. Sehingga kita membutuhkan sebuah Pengawasan dari supervisor yang baik serta efisien, efektif dan memerlukan pelaksanaan supervisi yang benar-benar profesional pula.
Dalam penelitian ini, difokuskan pada tiga hal pokok yaitu, pertama, bagaimana pelaksanaan tehnik supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah kepada guru di MA Miftahul Ulum dalam meningkatkan kualitas Belajar Mengajar?, kedua, apa saja faktor pendukung pelaksanaan tehnik supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah di MA Miftahul Ulum?, ketiga, apa saja faktor penghambat pelaksanaan tehnik supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah di MA Miftahul Ulum?
Dalam upaya untuk menjawab fokus diatas, yakni menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menentukan sumber data yaitu kepala Sekolah, dan Guru yang ada di lokasi penelitian, dengan prosedur pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi sebagai pelengkap.
Dari hasil penelitian yang telah laksanakan untuk menjawab fokus penelitian yang telh ditetapkan, maka dapat ditemukan bahwa pelaksanaan supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah terhadap guru, dilaksanakan dengan mendatangi dan mengawasi guru di dalam kelas dengan waktu antara 5 samapi 10 menit. Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi kunjungan kelas adalah penggunaan tehnik pemberitahuan terlebih dahulu kepada guru yang akan disupervisi. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi kunjungan kelas adalah penggunaan tehnik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada guru yang akan disupervisi, sebab hal itu dapat merusak konsentrsi guru yaitu guru menjadi gugup, gerogi dan rusaknya penglolaan kelas yang kondusif.
Diharapkan bagi kepala sekolah agar dapat melaksanakan tehnik supervisi kunjungan kelas lebih baik lagi, bahkan diharapkan untuk menggunakan tehnik-tehnik supervisi yang lain. Bagi para guru juga dapat meningkatkan profesionalismenya dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajarannya.
Sehingga dapat simpulkan bahwa Pelaksanaan Tehnik Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, “Cukup
Tidak tersedia versi lain